Find Us On Social Media :

Mengenal Gejala Impetigo, Penyakit Kulit Akibat Infeksi Bakteri Sering Terjadi Pada Anak

Impetigo adalah infeksi bakteri pada kulit yang paling sering terjadi pada anak kecil.

GridHEALTH.id - Impetigo (im-peh-TIE-go) adalah infeksi bakteri pada kulit yang paling sering terjadi pada anak kecil.

Impetigo adalah infeksi kulit yang disebabkan oleh salah satu atau kedua bakteri berikut: grup A Streptococcus dan Staphylococcus aureus.

Namun kita berfokus pada impetigo yang disebabkan oleh grup A Streptococcus (grup A strep). Selain impetigo, strep grup A menyebabkan banyak jenis infeksi lainnya.

Seseorang mendapat impetigo ketika strep grup A menginfeksi kulit, itu menyebabkan luka. Bakteri dapat menyebar ke orang lain jika seseorang menyentuh luka tersebut atau bersentuhan dengan cairan dari luka.

Impetigo dimulai sebagai luka merah dan gatal. Saat sembuh, keropeng berkerak, kuning atau "berwarna madu" terbentuk di atas luka.

Secara umum, impetigo adalah infeksi ringan yang dapat terjadi di bagian tubuh mana saja. Tapi paling sering mempengaruhi kulit yang terbuka, seperti di sekitar hidung dan mulut atau di lengan atau kaki.

Baca Juga: Impetigo, Infeksi Kulit Menular Pada Anak, Begini Cara Mencegahnya

Baca Juga: 4 Pengobatan Rumahan Untuk Mengobati Batuk-Pilek, Ada Semua di Dapur

Gejalanya meliputi luka merah dan gatal yang pecah dan mengeluarkan cairan bening atau nanah selama beberapa hari. Selanjutnya, keropeng kuning atau "berwarna madu" terbentuk di atas luka, yang kemudian sembuh tanpa meninggalkan bekas luka.