Find Us On Social Media :

Infeksi Jamur di Kuku, Ini 7 Pengobatan Rumahan Untuk Mengatasinya

Kuku rapuh akibat berjamur dapat diobati dengan pengobatan rumahan.

GridHEALTH.id - Infeksi jamur pada kuku biasanya disebabkan oleh jenis jamur tertentu dan kondisi ini disebut onikomikosis.

Dalam kondisi ini kuku menjadi rapuh, berubah warna menjadi kekuningan atau kehitaman dan dalam beberapa kasus juga dapat mengeluarkan bau busuk.

Secara umum,  dokter pertama-tama akan menguji kuku untuk jenis jamur yang menyebabkan infeksi dengan bantuan pemeriksaan mikroskopis dan tes sensitivitas obat anti jamur.

Kemudian dokter akan meresepkan obat anti jamur yang harus diminum secara oral dan topikal (dengan mengoleskan obat pada kuku yang terkena). Kita juga harus menjalani tes rutin untuk memeriksa apakah infeksi telah mereda.

Dalam kebanyakan kasus, menghilangkan infeksi jamur tidak mudah, tetapi ada sejumlah pengobatan rumahan yang, jika diikuti secara teratur dan jika digunakan bersama dengan pengobatan dari dokter dapat membantu mengalahkan infeksi.

Baca Juga: Penyakit Infeksi Jamur Kuku pada Anak, Tidak Bahaya Namun Mengganggu

Baca Juga: Studi Laboratorium Tunjukkan Molnupiravir Kurangi Angka Kematian dan Rawat Inap Akibat Varian Virus Corona

Berikut beberapa pengobatan rumahan yang bisa dicoba;

1. Daun pacar: Obat ini sangat bagus ketika infeksi jamur masih dalam tahap baru lahir. Henna memiliki sifat zat dan anti jamur yang sangat kuat yang membantu membersihkan infeksi dari akarnya.