Find Us On Social Media :

3 Tempat Spesifik Penularan Covid-19 Tinggi, Satgas Ungkap Metode Pencegahannya

Waspadai penularan Covid-19 yang sulit diprediksi.

GridHEALTH.id - Disiplin menjalankan protokol kesehatan masih menjadi cara yang utama dalam mencegah penularan Covid-19 (virus corona).

Diketahui saat ini siapa saja bisa tertertular Covid-19, termasuk yang sudah ikut vaksinasi.

Dikutip dari who.int (9/7/2020), artikel "Coronavirus disease (Covid-19): How is it transmitted?", menjelaskan bahwa Covid-19 ditularkan melalui kontak langsung dengan tetesan pernapasan dari orang yang terinfeksi, baik yang dihasilkan melalui batuk maupun bersin.

Seseorang juga dapat terinfeksi dari dan menyentuh permukaan yang terkontaminasi virus dan kemudian menyentuh wajah mereka misalnya mata, hidung, mulut.

Untuk itu, menjalankan protokol kesehatan seperti 5M (Memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan membatasi mobilisasi serta interaksi) tidak boleh terabaikan.

Terlebih Juru bicara Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito belakangan mengungkap tiga tempat yang memiliki penularan Covid-19 yang tinggi.

Dilansir Kontan.co.id dari covid19.go.id (4/10/2021), Wiku mengimbau seluruh lapisan masyarakat harus bersikap antisipatif dan memahami pengelolaan tata cara berkegiatan yang baik.

"Karena karakteristiknya yang kompleks, berbagai peneliti sepakat bahwa penularan COVID-19 dipengaruhi oleh banyak faktor. Dan, mungkin berbeda berdasarkan tempat dan perilaku masing-masing masyarakat di dalamnya," ujarnya

Baca Juga: Hasil Investigasi Jurnalis Australia Sharri Markson; Penyebab Pandemi Covid-19 ada di WIV