Find Us On Social Media :

Rubella, Infeksi Virus Penyebab Utama Cacat Lahir, Ketahui Gejalanya

Pembengkakan kelenjar getah bening di belakang telinga dan di leher adalah gambaran klinis rubella

GridHEALTH.id - Rubella adalah infeksi virus menular yang paling sering terjadi pada anak-anak dan dewasa muda.

Rubella adalah penyebab utama cacat lahir yang dapat dicegah dengan vaksin. Infeksi rubella pada ibu hamil dapat menyebabkan kematian janin atau cacat bawaan yang dikenal sebagai sindrom rubella kongenital.

Rubella adalah infeksi virus akut yang menular. Sementara infeksi virus rubella biasanya menyebabkan demam ringan dan ruam pada anak-anak dan orang dewasa.

Bila infeksi terjadi selama kehamilan, terutama selama trimester pertama, dapat menyebabkan keguguran, kematian janin, lahir mati, atau bayi dengan kelainan bawaan, yang dikenal sebagai sindrom rubella kongenital (congenital rubella syndrome /CRS).

Virus rubella ditularkan melalui tetesan udara ketika orang yang terinfeksi bersin atau batuk. Manusia adalah satu-satunya inang yang diketahui.

Pada anak-anak, penyakit ini biasanya ringan, dengan gejala termasuk ruam, demam rendah (<39°C), mual dan konjungtivitis ringan.

Baca Juga: Mengenal Gejala Campak Jerman, Penyakit Menular Akibat Virus

Baca Juga: Kaizen, Cara Jepang Untuk Mengalahkan Kemalasan Agar Lebih Produktif

Ruam, yang terjadi pada 50-80% kasus, biasanya dimulai pada wajah dan leher sebelum menyebar ke seluruh tubuh, dan berlangsung selama 1-3 hari.