Find Us On Social Media :

Pemberian Vaksin Covid-19 Moderna Dihentikan Sementara di 3 Negara Ini, Indonesia?

Penggunaan vaksin Covid-19 moderna di 3 negara ini dihentikan.

GridHEALTH.id - Vaksin moderna dihentikan penggunaannya di tiga negara ini.

Negara tersebut adalah Swedia, Denmark, dan Finlandia.

Di Indonesia sendiri, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) telah menerbitkan emergency use authorization (EUA) vaksin Covid-19 vaksin Moderna.

"Kemarin kami menambah satu lagi jenis vaksin Covid-19 yang telah mendapatkan EUA dari BPOM yakni vaksin Moderna. Ini adalah vaksin pertama yang mendapatkan EUA dari BPOM yang menggunakan platform m-RNA," ujar Penny saat konferensi pers virtual, Jumat (02/07/2021).

Baca Juga: Mengobati dan Mencegah Rubella, Penyakit Infeksi Menular Akibat Virus

Penny menuturkan, berdasarkan kajian BPOM bersama tim ahli Komite Nasional Penilai Vaksin dan Indonesian Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI) menunjukkan bahwa secara umum keamanan vaksin dapat ditoleransi baik reaksi lokal maupun sistemik dengan tingkat keparahan grade 1 dan 2.

Dengan kejadian yang paling sering adalah nyeri, kelelahan, dan sakit kepala. "Kejadian ini umumnya didapatkan setelah penyuntikan kedua," terang Penny.

Sementara itu, mengutip Reuters, Rabu (6/10), Badan Kesehatan Swedia mengatakan akan menghentikan penggunaan vaksin Moderna untuk orang yang lahir pada tahun 1991 dan setelahnya, karena data menunjukkan peningkatan miokarditis dan perikarditis di kalangan remaja dan dewasa muda yang telah divaksinasi.

Kondisi tersebt melibatkan peradangan pada jantung atau lapisannya.

Baca Juga: Syarat Terbaru Naik Kereta Api dan Transportasi Jarak Jauh Lainnya Selama PPKM Periode 5 - 18 Oktober