Find Us On Social Media :

Healthy Move, Ini Manfaat Mengajarkan Berenang Pada Bayi Sejak Dini

Mengajarkan bayi berenang sejak dini memberi banyak manfaat.

GridHEALTH.id - Untuk membantu anak-anak mengembangkan keterampilan yang dibutuhkan agar aman di dalam air, American Academy of Pediatrics (AAP) merekomendasikan pelajaran berenang formal sebagai lapisan perlindungan terhadap tenggelam untuk anak-anak.

Ketika mengajar anak si kecil berenang, aturan nomor satu, tentu saja, adalah keselamatan. “Di segala usia, ada aturan keselamatan penting yang harus diikuti, tidak peduli seberapa tingkat kemampuan perenangnya,” jelas James Collins, Wakil Presiden AAP.

Saran terbaiknya? Selalu ingat untuk membahas aturan keamanan air dengan anak-anak. “Anak-anak merespons gambar dan foto dengan sangat baik, jadi cobalah mencari gambar yang menyenangkan untuk membantu mereka mengingat aturan keselamatan,” kata Collins.

Untuk memulai di jalur yang benar, orangtua juga harus mempertimbangkan beberapa pedoman keselamatan kolam renang dari AAP.

- Selalu dekat saat anak berada di kolam renang. Jika memang perlu pergi, bawalah mereka bersama orangtua.

- Jika kolam berada di tempat tinggal, pastikan gerbang terbuka dari kolam dan menutup sendiri dan mengunci sendiri pada ketinggian yang tidak dapat dijangkau anak-anak.

Baca Juga: Olahraga Renang Bisa Tingkatkan Kecerdasan Otak Bayi, Juga Optimalkan Perkembangannya

Baca Juga: Healthy Move, Olahraga Rutin Mengurangi Risiko Demensia Pada Lansia

Juga, pastikan gerbang kolam setidaknya setinggi empat kaki di semua sisi dan benar-benar memisahkan kolam dari rumah dan halaman.