Find Us On Social Media :

Bahaya BPA yang Ada Pada Wadah Minuman dan Makanan Juga Dental Sealant

Bahaya kandungan BPA plastik kesehatan.

GridHEALTH.id - Wadah plastik yang mengandung Bisphenol-A atau BPA kini menjadi ancaman serius bagi kesehatan, terutama pada bayi dan anak.

Diketahui BPA sendiri merupakan bahan kimia yang digunakan dalam kemasan plastik polikarbonat untuk membuat plastik tetap keras dan tidak mudah hancur.

Lazimnya, BPA kerap dipakai dalam kemasan galon.

Selain pada plastik, BPA juga digunakan untuk melapisi bagian kemasan dari makanan kalengan, produk kebersihan, pipa suplai air, dan dental sealant atau lapisan plastik tipis yang dipasang untuk melindungi gigi dari kerusakan.

Penggunaan produk yang terkontaminasi BPA secara terus-menerus akan memengaruhi kesehatan tubuh, bahkan bisa membahayakan kesehatan.

Baca Juga: Kemarin Mengaku Baik-baik saja, Mahasiswa yang Dibanting Oknum Polisi Tidak Bisa Menoleh dan Masuk Rumah Sakit Lagi

Terlebih jika bayi atau anak-anak yang terkena paparan BPA tersebut.

Meski saat ini sudah banyak produk bayi yang tidak lagi menggunakan BPA, namun beberapa produk lainnya masih saja ada yang mengandung BPA.

Ketua Umum Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI) Nia Umar mengungkapkan bahwa BPA berisiko tinggi memengaruhi kesehatan bayi.

"Tidak hanya di botol dot tetapi juga di peralatan makan lainnya, di peralatan makanan-makanan kaleng. Yang membuat BPA ini berbahaya adalah ketika ada pemanasan berulang kali dari plastik, sehingga bagian dari BPA ini larut ke dalam makanan yang ada di dalam asupan di dalam botol," ujarnya dilansir Kompas.com (13/10/2021).

Baca Juga: Aman Digunakan, Dokter Anak: 'Botol Bayi Bebas BPA Masih Memiliki Risiko Kesehatan'