Find Us On Social Media :

Mengenal Gejala Norovirus, Infeksi Virus Sebabkan Gangguan Pencernaan

Gejala norovirus yang muncul biasanya mual, muntah, sakit perut, kram perut.

GridHEALTH.id - Norovirus, adalah penyebab umum penyakit, diare, dan gastroenteritis.Meskipun norovirus lebih sering menyebabkan infeksi selama bulan-bulan musim dingin, norovirus dapat menyerang orang kapan saja sepanjang tahun.

Orang terkadang salah menyebut infeksi norovirus sebagai "flu perut." Istilah medisnya adalah gastroenteritis, dan tidak ada hubungannya dengan flu, yaitu infeksi saluran pernapasan.

Norovirus adalah anggota keluarga virus Caliciviridae. Virus ini bertanggung jawab atas sekitar 90% wabah gastroenteritis virus dan hampir 50% kasus di seluruh dunia.

Norovirus menyebar di tinja dan muntahan orang dan hewan yang terinfeksi. Orang dapat tertular virus dengan mengkonsumsi makanan yang terkontaminasi, dan minum air yang terkontaminasi.

Virus juga dapat menyebar dengan menyentuh mulut dengan tangan yang sama yang digunakan untuk menyentuh seseorang yang memiliki norovirus atau permukaan yang terkontaminasi

Mungkin sulit untuk menghilangkan norovirus karena mereka dapat bertahan hidup dalam suhu panas dan dingin, dan mereka tahan terhadap banyak disinfektan.

Baca Juga: Infeksi Penyakit dari Makanan, Gastroenteritis yang Berakibat Fatal Bagi Anak

Baca Juga: Virus Ebola yang Baru Ditemukan Mungkin Tidak Menyebabkan Penyakit Parah pada Manusia, Studi

Norovirus terus mengalami perubahan genetik. Untuk alasan ini, manusia cenderung mengembangkan infeksi norovirus lebih dari sekali selama hidup mereka, meskipun gejalanya biasanya tidak terlalu parah setiap kali.