Find Us On Social Media :

Diabetes Tipe 3 Sering Dihubungkan dengan Alzheimer, Ini Sebabnya

Sekitar setengah dari mereka dengan diabetes tipe 2 akan Alzheimer. Penyakit ini sekarang disebut sebagai diabetes tipe 3.

 

 

 

GridHEALTH.id. Alzheimer adalah bentuk paling umum dari demensia dan gangguan terkait.

Sebuah studi baru-baru ini menunjukkan bahwa mereka yang menyandang diabetes tipe 2 berusia 50 tahun, hingga 65% lebih mungkin untuk mengembangkan penyakit Alzheimer dibandingkan dengan kadar gula darah normal.

Sekitar setengah dari mereka dengan diabetes tipe 2 akan terus mengembangkan Alzheimer dalam hidup mereka. Penyakit ini sekarang disebut sebagai diabetes tipe 3. Alzheimer adalah penyakit progresif dan degeneratif pada otak. Namun, jika menyandang diabetes, kita mungkin berisiko tinggi terkena penyakit Alzheimer.

Ini karena Alzhiemer mewakili bentuk diabetes yang secara selektif melibatkan otak dengan fitur biokimia dan molekuler yang tumpang tindih dengan diabetes tipe 1 dan tipe 2.

Dokter Sanjay Kalra, Konsultan Federasi Masyarakat Endokrin Asia menjelaskan bagaimana diabetes menempatkan kita pada risiko penyakit Alzheimer.

"Pada orang dengan Alzheimer, gumpalan protein yang disebut plak beta-amyloid terbentuk di antara sel-sel otak, menghalangi komunikasi.

Baca Juga: Mengenal Diabetes Sekunder, Diabetes Tipe 3C yang Muncul Akibat Kerusakan Pankreas

Baca Juga: Mengenal Gejala Norovirus, Infeksi Virus Sebabkan Gangguan Pencernaan

Penelitian menunjukkan bahwa orang dengan diabetes tipe 2 memiliki deposit beta-amiloid di pankreas yang serupa yang terdapat pada otak penyandang alzheimer.