Find Us On Social Media :

14 Persen Pasien Covid-19 Sembuh Mengembangkan Masalah Kesehatan Baru

Hati-hati, diketahui 14 persen pasien Covid-19 sembuh mengembangkan masalah kesehatan baru di enam bulan pertama pasca sembuh Covid-19.

 

GridHEALTH.id - Tahukah mantan penyintas Covid-19 ternyata belum terbebas 100 persen dari masalah kesehatan, walau dirinya sudah negatif.

Sebab, mereka yang telah pulih dari COVID-19 memiliki peningkatan risiko mengembangkan kondisi medis lain, setidaknya dalam jangka pendek.

Baca Juga: 5 Persiapan Sebelum Ikut Vaksinasi Covid-19, Supaya Antibodi Muncul Maksimal

Satu studi, yang diterbitkan di The BMJ, mengumpulkan data tes laboratorium dan penerimaan rumah sakit di Amerika Serikat.

Para peneliti membandingkan data dari lebih dari 190.000 orang dewasa, usia 18 hingga 65 tahun, yang dites positif virus SARS-CoV-2 pada 2020, dengan data dari kelompok kontrol yang dikumpulkan pada 2019, sebelum pandemi.

Para peneliti mengikuti para peserta selama enam bulan setelah mereka dites positif untuk SARS-CoV-2 dan mencatat komplikasi kesehatan baru.

Hasilnya, peneliti menemukan 14% orang yang memiliki COVID-19 mengembangkan masalah medis baru selama enam bulan berikutnya; ini hampir 5% lebih tinggi dari kelompok kontrol pra-pandemi.

Masalah Medis Baru Mantan Penyintas Covid-19

Baca Juga: 5 Pertanyaan Tentang Sesak Napas yang Dikaitkan dengan Covid-19, Sering Membuat Khawatir