Find Us On Social Media :

Orang Jepang Sendiri Takjub Dengan Kesuksesan Penurunan Covid-19 di Negaranya yang Cepat, Apa Rahasianya?

Jepang tercatat sukses menurunkan tingkat infeksi virus corona yang menakjubkan, dan agak misterius.

GridHEALTH.id - Datangnya seperti tiba-tiba, Jepang telah kisahkan sukses penurunan  tingkat infeksi virus corona yang menakjubkan, dan agak misterius.

Kasus Covid-19 baru setiap hari telah anjlok dari puncak pertengahan Agustus hampir 6.000 di Tokyo, dengan beban kasus di ibu kota berpenduduk padat sekarang secara rutin di bawah 100, terendah dalam 11 bulan.

Bar-bar penuh sesak, kereta api penuh sesak, dan suasananya meriah, meskipun ada kebingungan umum tentang apa sebenarnya yang ada di balik penurunan tajam itu.

Jepang, tidak seperti tempat-tempat lain di Eropa dan Asia, tidak pernah memiliki sesuatu yang dekat dengan penguncian, hanya serangkaian keadaan darurat yang relatif longgar juga.

Beberapa faktor yang mungkin dalam keberhasilan Jepang termasuk kampanye vaksinasi yang terlambat tetapi sangat cepat, mengosongkan banyak area kehidupan malam karena ketakutan menyebar selama lonjakan kasus terutama saat virus Delta masuk, praktik prokes yang ketat  jauh sebelum pandemi, penduduk disiplin mengenakan masker dan cuaca buruk pada akhir Agustus, yang memaksa orang tetap berada di rumah.

Baca Juga: Kaizen, Cara Jepang Untuk Mengalahkan Kemalasan Agar Lebih Produktif

Baca Juga: Bulan Kesadaran Kanker Payudara, Perlunya Pemeriksaan Skrining

Tetapi dengan kemanjuran vaksin yang berangsur-angsur berkurang dan musim dingin semakin dekat, para ahli khawatir bahwa tanpa mengetahui secara pasti mengapa kasus-kasus turun begitu drastis.