Find Us On Social Media :

Usia atau Gen? Penuaan Jadi Faktor Dominan Dalam Penyakit, Studi

Menurut kebijaksanaan konvensional, orang lebih cenderung sakit seiring bertambahnya usia

GridHEALTH.id - Para peneliti telah mempelajari genetika dan hubungannya dengan penyakit selama bertahun-tahun, namun, masih banyak pertanyaan yang belum terjawab.

Interaksi usia dan kerentanan terhadap penyakit telah menjadi sorotan yang belum pernah terjadi sebelumnya selama pandemi virus corona.

Pandemi telah menewaskan sebagian besar orang tua (lansia) yang terkena kondisi yang sudah ada sebelumnya atau penyakit penyerta, dengan jumlah kematian yang besar di panti jompo di banyak negara.

Menurut kebijaksanaan konvensional, bahwa orang lebih cenderung sakit seiring bertambahnya usia, masih berlaku, menurut University of Oxford, kesehatan mereka secara umum, baik atau buruk, cenderung tidak dipengaruhi oleh gen.

Menurut tim peneliti yang dipimpin oleh Gil McVean, gen yang kita warisi dari orangtua kita memengaruhi risiko kita untuk hampir semua penyakit tetapi ada kecenderungan risiko relatif genetik menurun seiring bertambahnya usia.

Baca Juga: Ada Orang yang Secara Genetik Kebal Terhadap Covid-19, Studi

Baca Juga: Pemberian Makanan Pada Anak Saat Diare, Hindari Gorengan dan Makanan Tinggi Serat

McVean dan rekan menulis dalam sebuah artikel yang diterbitkan pada hari Kamis di jurnal PLOS Genetics bahwa sementara teknologi genomik baru dapat digunakan untuk meramalkan risiko penyakit di masa depan, akurasi prediksi dapat diimbangi dengan jenis kelamin, etnis dan usia.