Find Us On Social Media :

Healthy Move, Latihan Ringan di Malam Hari Bisa Bikin Tidur Nyenyak

Lakukan olahraga ringan menjelang tidur agar kita semakin nyenyak tidur.

GridHEALTH.id - Para ahli dulu memperingatkan agar tidak berolahraga sebelum tidur, dengan gagasan bahwa olahraga memberi energi pada tubuh, meningkatkan suhu tubuh sehingga membuat kita sulit tertidur.

Namun, penelitian yang lebih baru memunculkan hasil bahwa olahraga di malam hari tidak selalu menyebabkan tidur yang lebih buruk.

Faktanya, beberapa latihan sebenarnya dapat membantu kita tidur lebih nyenyak, membantu melepaskan stres, meredakan ketegangan, dan mengendurkan otot sebelum tidur.

Lalu, jenis latihan terbaik apa yang bisa dilakukan sebelum tidur? Meskipun beberapa penelitian telah menemukan bahwa olahraga intensitas tinggi yang kuat tidak memengaruhi tidur, namun di malam hari bukanlah waktu yang tepat untuk melakukan olahraga lari.

Kita mungkin lebih mudah tertidur jika berolahraga dengan intensitas ringan atau sedang di sekitar waktu tidur, dan meninggalkan angkat besi berat atau kardio untuk siang hari.

Latihan intensitas rendah, seperti yoga dan peregangan, terbukti tidak memengaruhi kualitas tidur kita.

Bahkan 30 menit latihan aerobik intensitas sedang seperti berenang, berjalan kaki, bersepeda, atau latihan ketahanan ringan boleh saja dilakukan.