Find Us On Social Media :

Hari Psoriasis Sedunia 2021, Covid-19 Bisa Lebih Berbahaya Bagi Pasien Psoriasis

Psoriasis adalah gangguan kulit yang termasuk penyakit autoimun, dan tidak diketahui pasti penyebabnya.

GridHEALTH.id - Psoriasis adalah penyakit kulit kronis yang ditandai dengan pertumbuhan sel kulit baru yang terlalu cepat.

Akibatnya, sel kulit baru akan terus menumpuk di permukaan hingga membentuk bercak tebal yang berwarna merah dan bersisik. Psoriasis termasuk penyakit autoimun yang tidak diketahui pasti penyebabnya. Selain karena masalah sistem kekebalan tubuh, psoriasis biasanya muncul dipicu oleh berbagai faktor baik dari dalam diri maupun lingkungan. Walau tidak ada obat untuk menyembuhkan psoriasis, penyakit ini dapat kambuh kembali di kemudian hari. Kita pun tak perlu khawatir karena sudah tersedia banyak obat dan penanganan untuk mengobati gejalanya. Psoriasis juga bukan termasuk penyakit kulit menular, sebab psoriasis tidak disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri.

Meski kita melakukan kontak kulit atau meminjam barang-barang pribadi milik pasien, kita tetap tidak akan tertular penyakit ini. Penyakit kulit ini cukup umum, dan biasanya terjadi pada orang dewasa. Laki-laki dan perempuan sama-sama rentan untuk terkena penyakit kulit ini. Kita bisa meminimalkan peluang kena dengan mengurangi penyebabnya.