Find Us On Social Media :

Foto Kecelakaan Vanessa Angel Bertebaran di Media Sosial, Pakar Sebut Langgar Etika dan Bisa Sebabkan Trauma Bagi yang Melihat

Melihat foto-foto kecelakaan bisa mengalami gangguan stres pascatrauma dan fobia akibat ketakutan.

GridHEALTH.id - Bukan hanya kabar duka meninggalnya artis wanita Vanessa Angel yang terlibat kecelakaan tunggal di Tol Jombang, Jawa Timur, Kamis (04/11/2021) yang dibagikan, media sosial  juga menjadi tempat warganet untuk mengunggah foto-foto kondisi kecelakaan Vanessa yang dinyatakan meninggal bersama suami, Febri Andriansyah.

Banyak warganet yang mengunggah foto insiden nahas tersebut dengan berbagai caption. Bahkan tak sedikit potret yang diunggah tanpa dilakukan pengaburan gambar.

Bahkan ada yang meng-upload KTP milik Vanessa Angel yang notabene itu adalah data pribadi yang sifatnya rahasia dan tidak boleh disebarkan.

Meski tak secara langsung menyinggung bertebarnya foto-foto kecelakaan artis tersebut, Ketua Satgas Covid-19 Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Prof Zubairi Djoerban menyayangkan minimnya kesadaran warganet dalam mengunggah konten di media sosial.

"Ketika Anda menemukan atau mendapatkan foto korban kecelakaan lalu lintas yang parah, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah jangan mengunggahnya ke media sosial," tulis Prof Beri, sapaan Zubairi Djoerban dikutip dari akun Twitternya, Kamis (4/11).

Prof Beri yang juga penggemar fotografi ini mengajak warganet untuk bersikap lebih empati kepada korban dan keluarga korban yang tengah dirundung duka.

Baca Juga: Tak Percaya Penyebab Kecelakaan yang Renggut Nyawa Vanessa Angel Murni karena Sopir Mengantuk, Warganet Ungkap Fakta Mengerikan

Baca Juga: Hindari Buah Kering dan Jus Bila Menyandang Diabetes, Ini Alasannya

"Pakai empati. Hormati dan hargai keluarganya yang sedang berduka. Mereka juga punya martabat. Terima kasih," demikian Prof Beri.