Find Us On Social Media :

Pengobatan Alami Atasi Infeksi Kulit Cacar Ular Akibat Virus Zoster

Sifat antivirus dari madu menjadi pengobatan rumahan yang murah dan mudah didapat untuk herpes zoster.

GridHEALTH.id - Cacar ular adalah kondisi kesehatan yang disebabkan oleh virus varicella zoster. Cacar ular atau Shingles dalam istilah kedokteran dikenal sebagai herpes zoster.

Cacar ular (Herpes zoster) ditandai dengan ruam yang ditemukan di area terbatas kulit. Setelah infeksi masa kanak-kanak dengan virus varicella zoster, virus menjadi tersembunyi,  pergerakan kembali virus ini beberapa tahun setelah infeksi awal menyebabkan terjadinya cacar ular (herpes zoster).

Dalam kebanyakan kasus, cacar ular hilang dengan sendirinya, biasanya setelah 2-3 minggu.

Cacar ular terjadi lebih sering pada kelompok usia yang lebih tua, dan diyakini karena penurunan kekebalan pada orang tua. Cacar ular bisa kambuh meskipun jarang dan biasanya terjadi hanya sekali.Cacar ular adalah pergerakan kembali infeksi virus varicella zoster. Dengan demikian, cacar ular hanya dapat muncul pada pasien yang telah terinfeksi virus ini di masa lalu.

Pada kebanyakan orang, sistem kekebalan tubuh dapat melawan pergerakan kembali virus varicella zoster.

Dengan demikian, pasien yang memiliki gangguan sistem kekebalan tubuh berada pada risiko mendapat herpes zoster.

Baca Juga: Cara Mengobati Cacar Api, Penyakit Infeksi Menular Akibat Virus

Baca Juga: Diabetes Bisa Membuat Mudah Pusing dan Pingsan, Ini Cara Mencegahnya

Kelompok berisiko ini termasuk orang tua (lansia), pasien kanker, orang-orang penerima cangkok organ, orang yang stres, dan mereka yang kekebalan tubuhnya terganggu (immunocompromised).