Find Us On Social Media :

Tes dan Diagnosis Untuk Infeksi Herpes Genital atau Herpes Simpleks

Herpes simpleks yang terjadi di bibir. Dokter mungkin merekomendasikan tes klinis untuk mengkonfirmasi keberadaan virus.

GridHEALTH.id -Herpes genital adalah salah satu infeksi menular seksual (IMS) yang paling umum.

Herpes menyebar melalui seks vaginal, anal atau oral dari orang yang terinfeksi ke orang lain. Ini mempengaruhi baik pria maupun wanita dan biasanya tidak menunjukkan gejala sampai muncul penyakitnya.

Tidak seperti PMS (Penyakit Menular Seksual) lainnya, infeksi herpes genital tidak mengancam jiwa. Tapi itu tidak memiliki 'penyembuhan', jadi orang yang menderita penyakit itu harus hidup dengan penyakit itu selama sisa hidupnya.

Disebabkan oleh virus herpes simpleks tipe 2 (HSV-2), kondisi ini didiagnosis berdasarkan gejalanya.

Salah satu gejala paling umum yang mungkin diperhatikan adalah luka di sekitar daerah genital Anda (vagina dan penis); dan dalam beberapa kasus mungkin melihatnya di mulut  juga.

Bayi yang lahir dari ibu yang menderita herpes genital memiliki risiko lebih besar untuk tertular penyakit ini, terutama jika ibu tersebut melahirkan secara normal (yaitu melalui vagina).

Baca Juga: Pengobatan Herpes Simpleks Harus Sesuai Anjuran Dokter Agar Tak Muncul Komplikasi

Baca Juga: Ini Dia 7 Vaksin Covid-19 Disetujui WHO Untuk Penggunaan Darurat

Dokter kulit dapat mendiagnosis infeksi melalui pemeriksaan fisik sederhana pada luka. Untuk memastikan diagnosis, kita mungkin perlu menjalani tes yang disebut tes kultur virus, di mana mulut diusap untuk menguji keberadaan virus.