Find Us On Social Media :

Obat Diabetes Metformin Bisa Mencegah Diabetes Gestasional, Studi

Metformin mungkin memiliki peran dalam mencegah diabetes gestasional.

GridHEALTH.id - Metformin disetujui untuk mengobati diabetes tipe 2, tetapi sedang digunakan di luar label oleh semakin banyak spesialis infertilitas untuk mengobati infertilitas terkait PCOS.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism edisi Maret 2019, para peneliti meninjau riwayat 65 wanita hamil dengan PCOS yang menggunakan metformin sebelum pembuahan dan selama kehamilan mereka dan 31 wanita hamil dengan PCOS yang tidak menggunakan obat tersebut.

Para wanita itu adalah pasien di sebuah klinik kesuburan di Caracas, Venezuela, dan mereka dirawat selama empat setengah tahun.

Kira-kira 9% wanita yang menggunakan obat mengalami keguguran (6 dari 65), dibandingkan dengan 42% wanita yang tidak (13 dari 31).

Di antara wanita di setiap kelompok yang memiliki riwayat keguguran, tingkat keguguran adalah 11% untuk mereka yang menerima pengobatan dan hampir 60% untuk mereka yang tidak diobati.

Penelitian ini didanai oleh National Institute of Child Health and Human Development, cabang dari National Institutes of Health.

Baca Juga: Depresi Selama Kehamilan Meningkatkan Risiko Diabetes Gestasional

Baca Juga: Tes dan Diagnosis Untuk Infeksi Herpes Genital atau Herpes Simpleks

Studi ini menawarkan bukti terbaik bahwa metformin mungkin berguna untuk pengobatan diabetes gestasional, kata penulis utama John E. Nestler, MD, dari Medical College of Virginia.