Find Us On Social Media :

CDC Sebutkan Pemberian Disinfektan Tidak Perlu Sering Dilakukan, Cuci Tangan Lebih Utama

Penggunaan disinfektan hanya dianjurkan untuk area dengan lalu lintas orang yang tinggi. Cuci tangan lebih diutamakan.

GridHEALTH.id - Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) mengatakan bahwa permukaan tidak perlu disanitasi sesering mungkin, temuan baru menunjukkan bahwa virus corona tidak hidup lama menurut mereka.

Tetapi para ahli mengatakan bahwa area dengan lalu lintas tinggi masih harus dibersihkan, meskipun menggunakan disinfektan tidak mutlak diperlukan.

Mereka menambahkan bahwa kebersihan pribadi seperti mencuci tangan harus terus berlanjut dan lebih diutamakan.

“Berdasarkan data epidemiologi yang tersedia dan studi tentang faktor transmisi lingkungan, transmisi permukaan bukanlah rute utama penyebaran SARS-CoV-2, dan risikonya dianggap rendah,” ungkap Dr. William Schaffner, ahli penyakit menular di Sekolah Kedokteran Universitas Vanderbilt di Tennessee, Amerika Serikat yang juga penasihat utama CDC dalam konferensi pers virtual (11/11/2021).

Secara umum, temuan ini berarti bahwa kita semua dapat sedikit bersantai saat membersihkan permukaan dan mendisinfeksi barang-barang seperti bahan makanan, kata Schaffner.

Tapi itu juga berarti bahwa tindakan mitigasi lainnya harus ditingkatkan, tindakan yang bisa menghilangkan kemungkinan kontaminasi dari permukaan.

Baca Juga: Debat Perlu Tidaknya Unjuk Sertifikat Vaksin Dimana-mana, CDC Sebut Mereka yang Divaksin Tetap Bisa Menularkan Virus Corona

Baca Juga: Healthy Move, Berjalan Kaki Di Pasir Membakar Kalori Lebih Banyak

“Cara untuk mencegah penyebaran virus yang efektif dan sederhana adalah kebersihan tangan,” kata Schaffner.