Find Us On Social Media :

Healthy Move, Berjalan Kaki Di Pasir Membakar Kalori Lebih Banyak

Berjalan kaki di pasir pantai memberi banyak keuntungan untuk kesehatan.

GridHEALTH.id - Jika senang olahraga jalan kaki, cobalah sering-sering lakukan ini di pantai. Selain mendapat udara segar, studi menunjukkan bahwa berjalan kaki di pasir (pantai) memberi lebih banyak manfaat kesehatan.

Untuk berjalan kaki di pantai, tersedia sepatu khusus. Namun kalau yakin pantainya bersih, kita dapat berjalan kaki tanpa menggunakan sepatu/alas kaki.

Dilansir dari Sport Bild, inilah 5 keuntungan berjalan kaki di pantai bagi kesehatan tubuh;

1.  Membakar lebih banyak kalori

Pernahkah kita rasakan bahwa berjalan di atas pasir untuk jangka waktu tertentu bisa terasa lebih sulit daripada berjalan di trotoar yang diaspal dengan baik?

Ya benar, tubuh memang merasakannya. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Experimental Biology, berjalan di atas pasir memiliki efek mendalam pada mekanika dan energi penggerak.

Faktanya, penelitian tersebut mencatat bahwa berjalan di atas pasir membutuhkan kerja mekanis 1,6-2,5 kali lebih banyak daripada berjalan di permukaan yang keras dengan kecepatan yang sama. Juga, ini menghasilkan 2,1-2,7 lebih banyak pembakaran kalori.

Terlebih lagi, kita akan merasakan efek ini baik saat bertelanjang kaki.

Baca Juga: Healthy Move, 5 Alasan Si Kecil Lebih Baik Berjalan Kaki ke Sekolah

Baca Juga: Cara Merawat Ulkus Kaki Diabetik, Kondisi yang Berhubungan dengan 85% Amputasi Terkait Diabetes

2. Melatih otot tendon lebih banyak

Alasan tubuh bergolak melalui lebih banyak energi yang mendorong kit amelewati pasir adalah karena tubuh merekrut lebih banyak latihan dari otot dan tendon.