Find Us On Social Media :

Kaki Bengkak Karena Diabetes, Ini 10 Tips Untuk Mengatasinya

Diabetes sebabkan kaki bengkak.

GridHEALTH.id - Diabetes dapat menyebabkan kaki bengkak. Hal ini terjadi lantaran diabetes membuat kerusakan pada lapisan pembuluh darah yang lebih kecil sehingga sirkulasi darah pun menjadi buruk.

Kondisi tersebut lama kelamaan akan menyebabkan edema.

Dikutip dari laman diabetes.co.uk (15/1/2019), edema merupakan kondisi dimana cairan akan terperangkap di bagian tubuh tertentu yang menyebabkan pembengkakan seperti pada area kaki.

Itulah juga mengapa kaki bengkak sering terjadi pada penyandang diabetes.

Kaki bengkak pada penyandang diabetes harus segera diperiksakan ke dokter, terlebih jika bengkak tidak membaik dan bertambah parah.

Setelah mendapatkan perawatan dari dokter, penyandang diabetes dapat melakukan 10 tips berikut ini untuk membantu mengatasi kaki bengkak seperti dilansir dari byramhealthcare.com (8/1/2019).

1. Kenakan kaus kaki kompresi

Kaus kaki kompresi memberi sedikit tekanan pada kaki untuk membantu meningkatkan sirkulasi dan mengatasi kaki bengkak.

Jika kita memiliki pertanyaan tentang kaus kaki atau stoking kompresi, bicarakan dengan dokter tentang cara menggunakannya dengan benar.

Untuk penggunaan yang tepat, dokter dapat membantu menentukan tingkat kompresi mana yang terbaik untuk masing-masing.

Kita tentu tidak ingin memakai yang terlalu ketat atau terlalu longgar, terlebih kita tidak boleh menggunakan kaus kaki kompresi di atas luka terbuka, bisul, atau sakit.

Baca Juga: Ciri-ciri Seseorang Mengalami Prediabetes, Kondisi Sebelum Positif Diabetes