Find Us On Social Media :

Waspada, Risiko Kekurangan Gizi Pada Penyandang Diabetes Lansia

Pola makan pada lansia harus diperhatikan karena mereka berisiko kekurangan gizi.

GridHEALTH.id - Dalam banyak kasus, saran diet untuk orang yang lebih tua dengan diabetes mungkin berbeda dari rekomendasi umum.

Lansia di panti jompo seringkali lebih cenderung kurus daripada kelebihan berat badan dan ada tingkat kekurangan gizi yang tinggi.

Maka itu, saran untuk mengurangi lemak, garam dan gula penyandang diabetes, mungkin tidak tepat diberlakukan pada lansia dengan diabetes.

Sebab, untuk setiap orang tua dengan diabetes, pola makan yang buruk dan tidak teratur mudah sekali menyebabkan hipoglikemia dimana kadar gula darah menurun sangat drastis.

Kesehatan mulut yang buruk, efek dari beberapa obat pada sistem pencernaan, mobilitas terbatas, ketangkasan atau penglihatan semuanya dapat menyebabkan ketidaknyamanan yang berhubungan dengan makan.

Asupan cairan sering lebih rendah pada orang tua yang dapat menyebabkan dehidrasi, terutama selama serangan penyakit.

Baca Juga: Home Lift Daya Listrik Rendah Kini Tersedia, Bisa Membantu Lansia

Baca Juga: Banyak Sekolah Mulai Tatap Muka, Begini Cara Melindungi Anak dari Penyebaran Virus Corona

Penyandang diabetes lansia sangat disarankan disampingi ahli gizi yang bisa memberikan petunjuk tentang makanan harian, porsi minum, kebutuhan kalori ekstra, suplemen dan pengganti makanan, pengurangan berat badan bila gemuk, dan diet rendah garam atau makanan yang disesuaikan dengan kondisi kesehatan yang ada lainnya, misalnya disertai hipertensi, gagal ginjal, dll.