Find Us On Social Media :

Alasan Banyak Larangan dan Aturan di Rumah Sakit, Infeksi Nosokomial Paling Ditakutkan

Inilah alasannya mengapa di rumah skait banyak aturan dan larangan, baik bagi pengunjung maupun tenaga kesehatan dan karyawan.

GridHEALTH.id - Nosokomial adalah penyakit infeksi yang terjadi di rumah sakit atau yang berkaitan dengan pelayanan kesehatan.

Menurut laman osmosis.org, penyakit infeksi dikatakan nosokomial jika terjadi setidaknya 48 jam setelah masuk rumah sakit atau menerima perawatan.

Pasien dan profesional kesehatan membawa kuman ke dalam rumah sakit dan menularkannya satu sama lain.

Terkadang, orang membawa kuman ini tanpa merasa sakit, yang berarti mereka menyebarkannya ke orang lain tanpa diketahui.

Baca Juga: 4 Penyebab Penyandang Diabetes 1 dan 2 Berisiko Sulit Punya Anak

Diketahui saat seseorang berada di rumah sakit untuk operasi atau penyakit lain, sistem kekebalan mereka mungkin terlalu lemah untuk melawan kuman ini.

Seringkali, infeksi nosokomial juga disebabkan oleh patogen yang resistan terhadap banyak obat yang diperoleh melalui prosedur invasif, penggunaan antibiotik yang berlebihan atau tidak tepat, dan tidak mengikuti prosedur pengendalian dan pencegahan infeksi.

Jika infeksi nosokomial ini tidak diobati, mereka dapat menyebabkan masalah kesehatan yang lebih serius seperti sepsis dan bahkan kematian.

Untuk mendiagnosis infeksi nosokomial, dokter akan menjalankan tes laboratorium untuk melihat infeksi yang pasien alami.

Baca Juga: Varian Omicron Berkaitan dengan Infeksi HIV, Awal Mewabah Gegara Masker Berkatup