Find Us On Social Media :

Disebut Lebih Mengkhawatirkan, Ini Hal yang Harus Diketahui Tentang Omicron, Varian Baru Covid-19

Hal-hal yang perlu diketahui dari varian Omicron

GridHEALTH.id - Varian baru virus corona ditemukan lagi, kali ini dilaporkan dari Afrika Selatan.

Varian baru yang disebut-sebut sebagai varian super ini bernama varian B.1.1529 atau Omicron.

Diketahui varian ini telah menjangkit beberapa negara Afrika lainnya.

Varian Omicron B.1.1.529 adalah varian baru virus corona penyebab Covid-19 yang pertama kali terdeteksi di Afrika Selatan.

Varian Omicron saat ini diketahui telah menyebar di banyak negara di luar Afrika Selatan, seperti Jerman, Italia, Belanda, Israel, dan Kanada.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada 26 November 2021 telah menetapkan varian Omicron sebagai variant of concern (VoC) atau varian yang mengkhawatirkan.

Melansir laman WHO, Minggu (28/11/2021), para peneliti dari Afrika Selatan dan seluruh dunia masih terus melakukan penelitian untuk mengungkap karakteristik varian Omicron.

Berikut hal-hal yang sudah diketahui dari varian Omicron:

1. Tingkat penularan

Belum dapat dipastikan apakah varian Omicron lebih menular atau lebih mudah menyebar dari orang ke orang dibandingkan varian lain, termasuk Delta.

Jumlah orang yang dites positif Covid-19 telah meningkat di wilayah Afrika Selatan yang terdampak varian ini, tetapi studi epidemiologi sedang dilakukan untuk memahami apakah itu karena Omicron atau faktor lainnya.

Baca Juga: Rekomendasi Vaksin Untuk Omicron, Syarat Mendapatkannya di Indonesia Penerima Harus Diukur Dahulu Imunitasnya