Find Us On Social Media :

Demam Rift Valley, Penyakit Hewan Ternak Rentan Tertular ke Manusia

Rift Valley fever virus (RVFV) ditularkan dari hewan ternak ke manusia lewat gigitan nyamuk.

GridHEALTH.id - Rift Valley fever virus (RVFV) atau demam Rift Valley adalah penyakit tular vektor pada domba, sapi, dan kambing yang rentan terhadap manusia.

RVFV virus milik keluarga Bunyaviridae dalam genus Phlebovirus. Ini adalah virus beramplop yang mengandung kapsid dan genom RNA untai tunggal.

RVFV menyebabkan demam yang menyebar ke area yang luas di suatu negara setelah hujan lebat dan banjir berkelanjutan karena ini menyediakan kondisi ideal untuk vektor.

Hewan muda secara signifikan lebih rentan dan lebih mungkin untuk mati. Tingkat keparahan penyakit bervariasi menurut spesies, dengan domba menjadi "sangat rentan", anak sapi "sangat rentan" dan manusia "cukup rentan".

Tanda-tanda klinis RVF cenderung tidak spesifik, yang membuat kasus individu sulit untuk didiagnosis, tetapi tingkat kematian yang tinggi pada hewan muda, tingkat aborsi yang tinggi dan gejala mirip flu pada manusia merupakan indikasi.

Tanda-tanda klinis demam, lesu, sakit perut, keluarnya cairan dari hidung, anoreksia, diare berdarah/busuk, abortus, dan kematian.

Baca Juga: Gejala Demam Rift Valley, Infeksi yang Ditularkan dari Gigitan Nyamuk

Baca Juga: 5 Cara Super Cepat Ini Untuk Mengatasi Stres Selain Bermeditasi

Pada manusia, RVF biasanya tidak terlihat atau penyakit seperti flu dapat muncul. Sekitar 1%-2% dapat mengembangkan penyakit parah termasuk perdarahan, lesi dan ensefalitis (radang otak). Dalam kasus yang parah ini, tingkat kematian mungkin 10% -20%.