Find Us On Social Media :

Aneka Obat Diabetes, Mulai dari Suntik Insulin Hingga Pengobatan Oral

Obat diabetes disesuaikan dengan kondisi kesehatan penyandangnya.

GridHEALTH.idDiabetes merupakan penyakit yang akan bertahan seumur hidup penyandangnya.

Maka itu biasanya penyandang diabetes akan menjalani pengobatan untuk mengontrol kadar gula darahnya agar tidak terlalu tinggi yang bisa berakibat membahayakan dirinya.

Agar tujuan pengobatan tercapai, aneka obat diabetes ini juga dibarengi dengan gaya hidup yang sehat, seperti mengonsumsi makanan sehat dan menjalani aktivitas fisik.

Tidak semua penyandang diabetes menggunakan obat yang sama. Karena pengobatan diabetes didadsarkan pada tipe diabetesnya dan kadar gula darah.

Baca Juga: Obat Diabetes Ini Ditangguhkan, Setelah Picu Masalah Jantung

Dilansir dari niddk.nih.gov, Selasa (21/12/2021), pengobatan diabetes juga disesuaikan dengan kondisi penyandang diabetes, finansial, dan jadwal harian yang sudah dibuat. Aneka obat diabetes terdiri dari pemberian insulin dan obat oral.

A. Penggunaan insulin

Penyandang diabetes tipe 1, rata-rata akan menjalani pengobatan yang mengandalkan insulin karena tubuh tidak bisa memproduksi hormon tersebut.

Obat diabetes dengan insulin harus dilakukan beberapa kali dalam sehari, termasuk saat makan. Pemberian insulin yang paling umum dilakukan meggunakan sejumlah metode seperti jarum suntik. pen, atau pompa insulin.

Baca Juga: Jangan Sampai Keliru, Ketahui Perbedaan Diabetes Tipe 1 dan Tipe 2