Find Us On Social Media :

Aneka Merek Vaksin Covid-19 yang Digunakan di Indonesia, Kenali Efek Sampingnya

Indonesia menggunakan beberapa merek vaksin Covid-19 untuk menangani pandemi.

GridHEALTH.id - Demi menekan kasus pandemi, pemerintah Indonesia terus menggenjot masyarakatnya untuk mendapatkan vaksin Covid-19.

Dijelaskan pada laman nhs.uk (30/3/2021), bahwa orang yang sudah divaksin sistem kekebalannya mampu mengenali dan tahu cara melawan suatu infeksi penyakit.

Itu artinya jika kita disuntik vaksin Covid-19, maka sistem kekebalan tubuh kita akan terlatih dalam melawan Covid-19 sehingga dampak infeksi virus tersebut bisa diminimalisir.

Ada banyak cukup jenis vaksin Covid-19 yang sudah Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) terbitkan izin penggunaannya atau emergency use authorization (EUA).

Kepala BPOM Penny K. Lukito, dalam keterangan tertulisnya, Rabu (17/11/2021), mengatakan "Sesuai persyaratan EUA, BPOM telah melakukan evaluasi terhadap aspek keamanan, khasiat, dan mutu yang mengacu pada standar evaluasi vaksin Covid-19, baik standar nasional maupun internasional."

Baca Juga: Ini 4 Alasan Ibu Hamil Sering Mengeluh Mulas dan Cara Mengatasinya

Melansir Kontan.co.id dari Menpan.go.id (23/11/2021), Berikut 11 jenis vaksin Covid-19 yang telah mendapat EUA dari BPOM, lengkap dengan efek sampingnya.

1. Sinovac

Vaksin Sinovac adalah vaksin Covid-19 pertama di Indonesia yang mendapat izin penggunaan darurat dari BPOM.

EUA diterbitkan oleh BPOM pada hari Senin, 11 Januari 2021.

Izin penggunaan darurat terhadap Sinovac diberikan setelah BPOM mengkaji hasil uji klinis tahap III vaksin yang dilakukan di Bandung.

BPOM juga mengkaji hasil uji klinis vaksin Sinovac yang dilakukan di Turki dan Brasil.