Find Us On Social Media :

Ini 4 Alasan Ibu Hamil Sering Mengeluh Mulas dan Cara Mengatasinya

Mulas menjadi keluhan yang umum dialami oleh ibu hamil.

GridHEALTH.id – Sakit perut hingga mulas merupakan salah satu hal yang paling sering dikeluhkan oleh ibu hamil.

Mulas saat hamil bukan kondisi yang perlu dikhawatirkan. Namun jika mulas terjadi di trimester akhir, ini mungkin menjadi tanda akan segera melahirkan.

Melansir NHS.uk, Rabu (05/01/2022), mulas saat hamil biasanya akan hilang dengan sendirinya saat ibu mengubah posisi, istirahat, buang air besar, atau mengeluarkan gas.

Berikut ini adalah beberapa penyebab ibu hamil sering merasa mulas.

1. Sembelit dan banyak gas

Ibu hamil mungkin sering mulas karena sembelit atau banyaknya gas di saluran pencernaan. Jumlah gas yang terlalu banyak disebabkan oleh hormon progesteron yang tinggi saat hamil.

Selama hamil, lebih banyak hormon progesterone yang dilepaskan. Sehingga saluran pencernaan melambat dan membuat perjalanan makanan lebih lambat.

Mulas karena sembelit saat hamil biasanya bukan masalah yang besar. Tapi kondisi ini harus segera ditangani karena berisiko menyebabkan ambeien.

Minum air putih yang banyak, konsumsi makanan berserat tinggi, olahraga, dan menggunakan obat pencahar bisa membantu mengatasi gas dan sembelit yang menyebabkan mulas saat hamil, dikutip dari American Pregnancy Association, Rabu (05/01/2022).

Selain itu, ibu hamil juga bisa mengurangi konsumsi suplemen zat besi jika sering mulas karena sembelit.

Baca Juga: Masalah Klasik Perempuan, Hamil Pertama Kepayahan, Ini 5 Penyebab Utamanya 

Tapi sebelum melakukan ini, lebih baik periksa kadar zat besi terlebih dahulu dan konsultasi dengan dokter kandungan.