Find Us On Social Media :

Terlalu Besar atau Kekecilan? 5 Kekhawatiran Kondisi Perut Hamil

Ukuran dan kondisi perut hamil perlu diketahui para wanita;

GridHEALTH.id - Kehamilan adalah saat yang sangat menyenangkan, tetapi itu tidak berarti tidak ada hal yang dikhawatirkan oleh calon ibu. Salah satunya adalah kondisi baby bump (perut hamil-nya) nya yang terus tumbuh.

Kita mungkin khawatir perutnya terlalu besar atau terlalu kecil untuk minggu kehamilan, atau jika perutnya tinggi, rendah, atau lebar.

Lagipula, kita tidak bisa melihat ke dalam rahimnya sehingga satu-satunya petunjuk yang kita miliki setiap hari tentang bayi yang sedang tumbuh adalah apa yang bisa kita lihat dan rasakan.

Dikutip dari American Pregnancy Association, inilah ukuran dan kondisi perut hamil yang perlu diketahui para wanita;

1. Setiap wanita punya kondisi perut hamil yang berbeda

Jika sedang hamil dan merasa resah tentang ukuran atau bentuk perut hamil, ketahuilah bahwa kita tidak sendirian.

Semua wanita membawa secara berbeda dan kemungkinan semuanya baik-baik saja dengan cara bayi tumbuh.

2. Perut hamil ukuran kecil

Kita  makan dengan baik, berolahraga, dan melakukan pemeriksaan prenatal secara teratur. Namun orang sering mengatakan kita terlihat kecil untuk usia kehamilan atau bertanya apakah kita benar-benar makan cukup.

Seperti bayi, perut hamil datang dalam berbagai bentuk dan ukuran. Dokter atau bidan  memantau ukuran anak sehubungan dengan tanggal kelahiran dan ukuran perut hamil dengan pemeriksaan rutin, termasuk mengukur perut pada setiap kunjungan setelah  mencapai minggu ke-15 hingga minggu ke-20.

Pengukuran ini memberi tahu mereka seberapa banyak lingkar perut bertambah. Tingkat pertumbuhan normal setelah seorang wanita mulai terlihat adalah sekitar 1 sentimeter per minggu.

Jika otot perut benar-benar kuat dan kencang, mereka dapat mencegah rahim yang sedang tumbuh mencuat sejauh yang diperkirakan oleh pengamat biasa.