Find Us On Social Media :

6 Pengobatan Rumahan Efektif Hilangkan Gatal Akibat Gigitan Nyamuk

Gel lidah buaya mengurangi peradangan pada gatal akibat gigitan nyamuk.

GridHEALTH.id - Musim hujan membawa serta ancaman nyamuk. Selain penyakit yang ditularkan melalui vektor seperti malaria, demam berdarah, dan chikungunya, gigitan nyamuk juga menjengkelkan dan dapat membuat kulit meradang.

Rasa gatal dan tidak nyaman akibat gigitan nyamuk bisa menjadi rasa sakit. Seringkali meninggalkan bekas merah pada kulit.

Benjolan yang bengkak, sakit atau gatal relatif tidak berbahaya. Hanya dalam kasus yang jarang kita dapat mengembangkan reaksi alergi dari gatal-gatal ini.

Dan ini dapat menyebabkan kesulitan bernapas, atau tenggorokan bengkak. Dalam hal ini, kita memerlukan perhatian medis segera.

Ada banyak krim dan salep yang bisa memberikan kelegaan. Atau kita bisa mencoba pengobatan rumahan ini.

1. Oleskan pasta oatmeal pada area yang terkena

Oatmeal mengandung senyawa yang dapat meredakan iritasi kulit. Buat pasta dengan mencampur oatmeal dan air dan oleskan ke area yang terkena. Cuci dengan air dingin.

Jika mengalami beberapa gigitan, maka kitadapat menambahkan ini ke air mandi  dan berendam di dalamnya selama 15 menit. Ini akan menurunkan rasa gatal secara signifikan.

2. Gunakan ice cube

Ini akan mengurangi peradangan dan menawarkan kelegaan. Kompres es akan membuat kulit mati rasa dan menghilangkan sensasinya.

Tapi ini hanya bersifat bantuan sementara. Juga, jika menerapkan terlalu lama, itu dapat merusak kulit.

Jadi, jangan langsung menempelkan ice cube ke kulit.  Bungkus dalam beberapa kain dan kemudian letakkan di daerah yang terkena selama sekitar 5 menit.