Find Us On Social Media :

Penting Diketahui Wanita, Ini yang Terjadi Pada Tubuh Saat Melahirkan

Wanita perlu mengenal langkah-langkah yang terjadi saat menjelang saat tubuh melahirkan.

GridHEALTH.id - Meski tubuh wanita dirancang untuk hamil dan melahirkan, tidak semua wanita memahami proses persalinan.

Untuk diketahui, bentuk panggul, hormon, otot yang kuat, dan lainnya bekerja sama untuk membantu wanita melahirkan bayinya, sebelum, selama, dan setelah melahirkan.

Berikut adalah langkah-langkah tubuh wanita akan mempersiapkan dirinya dan bayinya untuk kelahiran dalam persalinan normal;

1. Kontraksi Braxton Hicks

Dalam beberapa minggu atau hari sebelum mulai mengalami kontraksi yang tepat, kita mungkin mengalami kontraksi Braxton Hicks.

Ini adalah rahim yang mengencang lalu rileks. Kontraksi ini biasanya tidak menyakitkan dan dianggap membantu rahim dan leher rahim bersiap untuk persalinan.

Kontraksi Braxton Hicks mungkin menjadi lebih teratur saat  mendekati waktu kelahiran, tetapi tidak seperti kontraksi persalinan, kontraksi ini tidak mengubah bentuk serviks dan kadang-kadang disebut sebagai 'persalinan palsu'.

Bidan dapat memberi tahu jika ibu mengalami kontraksi Braxton Hicks atau jika sedang melahirkan dengan melakukan pemeriksaan vagina untuk melihat serviks.

2. Perubahan pada serviks

Baca Juga: Begini Cara Menurunkan Risiko Episiotomi Pada Persalinan Normal

Baca Juga: Healthy Move, Latihan Step-Up Untuk Mereka yang Kelebihan Berat Badan

Saat persalinan semakin dekat, serviks melunak dan menjadi lebih tipis, bersiap untuk pelebaran (pelebaran) yang memungkinkan bayi memasuki vagina.