Find Us On Social Media :

5 Vaksin Booster Covid-19 di Indonesia, Imunogenisitas Terbesar Zifivax, Akan Diproduksi di Indonesia

Vaksin Zifivax, Imunogenisitas terbesar dari 5 vaksin yang diizinkan menjadi vaksin booster Covid-19 di Indonesia.

GridHEALTH.id - Indonesia secara resmi telah mengijinkan penggunaan 5 vaksin booster Covid-19

Kelima vaksin tersebut adalah CoronaVac Covid-19 Bio Farma, Pfizer untuk booster homolog, AstraZeneca untuk booster homolog, Moderna untuk booster homolog dan heterolog, serta Zivifax untuk booster heterolog.

"Ada 5 vaksin yang telah mendapatkan emergency use authorization (EUA) dan telah tentunya sebelum dapatkan itu dari Badan POM, telah melalui proses evaluasi bersama para ahli komite nasional penilai obat atau vaksin dan telah mendapatkan rekomendasi memenuhi persyaratan yang ada," kata Kepala BPOM Penny K Lukito dalam konferensi pers virtual BPOM, Senin (10/1).

Menurut Ketua Indonesian Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI), Sri Rezeki Hadinegoro, homolog adalah pemberian booster atau dosis vaksin Covid-19 lanjutan dengan jenis vaksin yang sama dengan dosis primer pertama dan kedua.

Sedangkan heterolog yakni jenis vaksin booster atau lanjutan yang digunakan berbeda dengan dosis primer.

"Mungkin sudah menjadi pandangan dari masyarakat bahwa untuk booster ini ada dua kategori, bisa di-booster oleh dirinya sendiri yang kita katakan homolog atau booster dengan vaksin lain, ini yang mungkin diceritakan Ibu Penny (Kepala BPOM) bagaimana BPOM mencari heterolognya yang cocok yang mana, untuk memberikan keamanan tinggi yang mana," kata Sri Rezeki dalam konferensi pers secara virtual, Senin (10/1/2022).

Menurut Penny, untuk vaksin CoronaVac Covid-19 Bio Farma (Sinovac) dapat digunakan untuk booster homolog, dalam artian penerima sebelumnya mendapatkan vaksin Sinovac/CoronaVac Covid-19 Bio Farma untuk dosis pertama dan kedua.

Imunogenisitas Terbesar

Aturan pemberian booster dengan vaksinasi ini ialah satu dosis.

Baca Juga: 12 Penyebab Tidak Bisa Orgasme Saat Bercinta, Ini Pengobatannya

Adapun imunogenisitas vaksin tersebut menunjukkan peningkatan antibodi sebesar 21 kali sampai 35 kali usai 28 hari pemberian vaksin ini sebagai booster.

"Kemudian, vaksin Pfizer untuk booster homolog, diberikan satu dosis setelah minimal 6 bulan dari vaksinasi primer untuk 18 tahun ke atas. Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) berupa lokal, ringan grade satu sampai dua. Imunogenisitas menunjukkan titer antibodi netralisasi setelah satu bulan sebesar 3,3 kali," jelas Penny.