Find Us On Social Media :

Vaksin Zifivak Booster Heterologous, Titer Antibodi yang Terbentuk Lebih dari 30 Kali, Efikasi di Atas 50 Persen

Vaksin Zifivak

GridHEALTH.id - Zifivax yang merupakan booster heterologous. Artinya, pemberian vaksin dosis ketiga berbeda dengan pemberian vaksin dosis pertama dan kedua (vaksin primer). Vaksin Covid-19 Zifivax bisa disuntikkan pada orang yang sebelumnya telah disuntik vaksin Sinovac dan Sinopharm sebagai vaksin primer.

Booster vaksin Covid-19 Zifivax disuntikkan dalam medio enam bulan ke atas setelah vaksinasi dosis kedua.

Vaksin Zifivax, ini untuk booster heterologus dengan primer Sinovac atau Sinopharm.Zifivax adalah vaksin Covid-19 produksi perusahaan di China, Anhui Zhifei Longcom Biopharmaceutical.

Hasil Uji Klinis Vaksin Zifivak untuk Booster

Berdasarkan uji klinis, dengan booster vaksin Covid-19 Zifivax, menunjukkan peningkatan titer antibodi netralisasi meningkat lebih dari 30 kali pada subjek yang telah mendapatkan dosis primer Sinovac dan Sinopharm.Selain itu, hasil studi lainnya juga ditemukan bahwa vaksin Zifivax mampu meningkatkan kadar neutralizing antibody pada subyek yang tingkat kekebalannya mulai menurun hingga hampir 50 kali lipat.

"Dengan demikian, vaksin Zifivax aman dan baik digunakan sebagai dosis utama maupun dosis penguat atau booster," kata Direktur Pemasaran dan Kemitraan PT Jakarta Biopharmaceutical Industry (JBio), DR. dr. Chairuddin Yunus.

Baca Juga: 5 Vaksin Booster Covid-19 di Indonesia, Imunogenisitas Terbesar Zifivax, Akan Diproduksi di Indonesia

Uji klinis booster untuk vaksin Zifivax sudah dilakukan di China, hasilnya vaksinasi booster dengan Zifivax terhadap subjek yang telah disuntik dengan dua kali inactivated vaccine mampu meningkatkan antibodi hingga 2,4 kali lebih tinggi dibandingkan hasil vaksin booster dengan inactivated vaccine.

Vaksin Zifivax juga terbukti aman digunakan dengan efek samping yang ringan, hasil imunogenisitas yang tinggi, dan efektif melawan mutasi virus Covid-19.

Kini Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) mengeluarkan izin penggunaan atau Emergency Use Authorization (EUA) kepada vaksin Zifivax sebagai booster vaksin Covid-19.

Efikasi Vaksin Zifivak Sebagai Vaksin Covid-19

Zifivax merupakan vaksin yang dikembangkan dan diproduksi oleh Anhui Zhifei Longcom Biopharmaceutical dengan platform rekombinan protein sub-unit.