Find Us On Social Media :

Bersiap Menghadapi Persalinan? Kenali Dua jenis Obat Pereda Nyeri Saat Melahirkan

Ada dua jenis obat pereda nyeri yang digunakan pada proses persalinan normal ataupun sesar.

GridHEALTH.id - Ada dua jenis obat pereda nyeri utama yang bisa didapatkan saat seorang ibu menghadapi persalinan.

Anestesi membantu memblokir, atau mencegah, rasa sakit. Analgesik membantu menghilangkan rasa sakit.

Dengan kedua bentuk tersebut, kemungkinan kita masih akan merasakan sakit sebelum, selama, atau setelah melahirkan. Tidak semua orang memenuhi syarat untuk pengobatan berdasarkan kondisi medis mereka saat ini.

1. ANESTESI

Anestesi regional: Jenis perawatan ini memengaruhi bagian tubuh. Ini dapat digunakan jika melahirkan secara normal atau operasi caesar.

Blok epidural adalah bentuk obat yang paling umum digunakan saat ini selama persalinan. Dalam epidural, obat disuntikkan ke dalam cairan tulang belakang di punggung bawah melalui tabung tipis (kateter).

Ini memblokir saraf yang berjalan dari tulang belakang ke bagian bawah tubuh  di bawah pusar. Dokter melepaskan jumlah obat yang diinginkan melalui epidural, yang sebagian besar membuat mati rasa daerah yang terkena.

Sebuah blok tulang belakang mirip dengan epidural, kecuali obat disuntikkan melalui jarum bukan kateter. Blok tulang belakang bukan praktik umum saat melahirkan.

Blok spinal-epidural (CSE/Combined Spinal-Epidural Anesthesia) gabungan adalah saat kita mendapatkan blok tulang belakang dan epidural.

Baca Juga: Aurel Hermansyah Jalani Proses Persalinan Sesar, Mertua Berharap Atta -Aurel Punya Anak Banyak, Berapa Kali Maksimal Boleh Melahirkan Sesar?

Baca Juga: Gaya Hidup Sehat Dimulai Sejak Rutin Sarapan, Ini Manfaatnya

Anestesi lokal: Jenis perawatan ini mematikan area tertentu, seperti rahim, vagina, atau perut.