Find Us On Social Media :

Pengobatan Perawatan Pasien Omicron di Indonesia, Melalui Telemedicine dan Ini Obatnya

Telemedicine menjadi program perawatan resmi pasien Omicron di Indoensia.

GridHEALTH.id - Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kemenkes dr. Siti Nadia Tarmidzi merekomendasikan beberapa perawatan selama isolasi.

Bagi pasien asimtomatik dan gejala ringan, direkomendasikan untuk mengonsumsi obat molnupiravir dan paxlovid.

"Selain itu, perlu penyiapan isolasi terpusat di DKI Jakarta dan aktivasi program telemedicine untuk isolasi mandiri di DKI Jakarta. Pasien dengan komorbid dengan tingkat keparahan apa pun dirawat di rumah sakit," katanya, seperti dikutip dari keterangan resmi Kementerian, Sabtu (8/1/2022).

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyampaikan bahwa mayoritas pasien terkonfirmasi Omicron memiliki gejala ringan dan tidak bergejala.

Baca Juga: Pola Diet Sehat Untuk Ibu Hamil, Hindari Paham 'Makan Untuk Berdua'

Kasus Omicron Umumnya Ringan

Dari total 414 kasus terkonfirmasi Omicron, 99% gejalanya ringan dan tanpa gejala.

Sedangkan yang masuk kategori sedang atau butuh perawatan oksigen hanya dua orang, yakni lelaki berusia 58 tahun dan 47 tahun. Keduanya dilaporkan memiliki penyakit penyerta (komorbid) dan kini telah dinyatakan sembuh.

“Dari 414 orang yang dirawat, 114 orang (26%) sudah sembuh termasuk yang 2 orang tadi yang masuk kategori sedang dan butuh perawatan oksigen,” papar Menkes dalam keterangan pers di Jakarta pada Senin (10/1).

Karenanya pasien konfirmasi Omicron tidak membutuhkan perawatan yang serius di RS.

Baca Juga: Mari Mengenal Metode Alami Mengatasi Rasa Sakit Saat Melahirkan

Pasien hanya perlu menjalani isolasi mandiri di rumah dengan diberikan suplemen vitamin maupun obat terapi tambahan yang telah diizinkan penggunaannya oleh pemerintah.