Find Us On Social Media :

Vaksin Booster Covid-19 Dimulai Hari Ini, Lihat Manfaat dan Cara Kerjanya

Vaksin booster memberi perlindungan ekstra terhadap Covid-19.

GridHEALTH.id - Program vaksin booster mulai diberikan pemerintah Indonesia hari ini, Rabu (12/1/2022).

Adapun sasaran penyuntikan vaksin dosis ketiga tersebut adalah seluruh masyarakat Indonesia, dengan prioritas lebih dulu lansia dan kelompok rentan.

Hal itu seperti disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam unggahan video di channel YouTube Sekretariat Presiden, dikutip Kompas TV, Selasa (11/01/2022) kemarin.

Jokowi mengatakan vaksin booster akan diberikan gratis untuk seluruh masyarakat Indonesia.

"Saya telah memutuskan pemberian vaksin ketiga gratis bagi seluruh masyarakat Indonesia. karena sekali lagi keselamatan rakyat yang utama," ujar Jokowi.

Vaksin booster diberikan sebagai perlindungan ekstra terhadap Covid-19 yang terus bermutasi, karena efek dari dua dosis vaksin terhadap kekebalan tubuh dapat menurun seiring waktu.

Pemberian suntikan dosis ketiga dari vaksin Covid-19 ini diharapkan dapat mencegah lebih banyak korban jiwa dari para nakes saat melaksanakan tugasnya.

Beberapa manfaat vaksin booster terkait Covid-19, banyak orang yang berpikir jika dirinya sudah aman setelah divaksinasi, padahal ini belum pasti.

Virus dapat bermutasi seiring waktu sehingga membuat vaksin yang diterima kurang efektif. Guna meningkatkan sistem imunitas tubuh, vaksin booster diperlukan.

Baca Juga: Vaksin Booster Secara Signifikan Meningkatkan Antibodi Terhadap Omicron, kata AstraZeneca

Baca Juga: 5 Cara Mengusir Lemak Paha, Olahraga Hingga Kurangi Asupan Garam

Vaksin ini bekerja sesuai dengan namanya, yaitu bermanfaat meningkatkan respons kekebalan tubuh terhadap patogen tertentu setelah menerima dosis vaksin awal.