Find Us On Social Media :

Pingsan Saat Persalinan Bisa Terjadi, Ini Berbagai Penyebabnya

Meski angka kejadiannya kecil, pingsan saat persalinan bisa terjadi.

GridHEALTH.id - Memikirkan bayi melalui vagina mungkin bisa membuat lutut  lemas dan kekhawatiran tersendiri.

Meskipun banyak ibu sudah mengantisipasi dan menyiapkan mental menghadapi hal ini,  juga sangat normal untuk takut sakit persalinan dan proses melahirkan. Saking takutnya ada yang sampai pingsan di meja persalinan.

Ceridwen Morris, yang mengajar kelas melahirkan di Cedar Sinai Hospital di New York City, mengatakan kepada American Today (20/10/2019) bahwa ini adalah salah satu dari sepuluh pertanyaan teratas yang diajukan ibu hamil.

Jawabannya: pingsan saat persalinan bisa terjadi, tetapi sangat jarang. Menurut Morris, pingsan bukanlah salah satu cara tubuh wanita bereaksi terhadap persalinan.

Ingat, tubuh  telah berevolusi untuk melakukan segala kemungkinan untuk memastikan kelangsungan hidup spesies manusia. Ini adalah kondisi biologis dan psikologis. Karena itu, manusia bukanlah robot, dan setiap orang menghadapi rasa sakit (psikologis dan fisik) secara berbeda.

Jadi, mengapa bisa terjadi pingsan saat persalinan? Orang pingsan ketika ada kekurangan suplai darah ke otak yang menyebabkan kita kehilangan kesadaran, catat Mayo Clinic.

Jika rentan pingsan, Morris menyarankan agar ibu hamil menyebutkan hal ini kepada dokter dan tim bersalin yang akan menanganinya, sehingga persiapan mereka akan berbeda dengan calon ibu yang akan bersalin lainnya.

Meskipun pingsan selama persalinan tidak umum, sering kali wanita sakit selama persalinan dan mungkin muntah.

Tapi itu biasanya karena obat yang diberikan selama epidural atau melalui  obat lainnya dan bukan karena proses persalinan.

Baca Juga: Begini Cara Menurunkan Risiko Episiotomi Pada Persalinan Normal

Baca Juga: 6 Jenis Makanan Ini Membantu Menurunkan Lemak Lengan Tanpa Olahraga

Menurut artikel lain di Mayo Clinic, opioid dapat menyebabkan mual dan anestesi atau epidural dapat menurunkan tekanan darah, menyebabkan seorang wanita muntah atau merasa pingsan selama persalinan.