Find Us On Social Media :

Kekurangan Vitamin D Berisiko Masalah Kesehatan, Bisa Optimalkan dengan Suplemen

Kekurangan vitamin D menyebabkan masalah kesehatan.

GridHEALTH.id – Menjaga kesehatan tubuh merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan. Apalagi saat ini sudah banyak orang yang kembali menjalani aktivitas normal di luar rumah.

Tak hanya sekadar memperhatikan makanan yang dikonsumsi sehari-hari dan olahraga, menjaga kesehatan tubuh juga harus dibarengi dengan pemenuhan asupan vitamin, khususnya vitamin D.

Vitamin D memiliki peran yang besar dalam memperkuat sistem imun tubuh, sehingga bisa melindungi diri dari infeksi yang disebabkan oleh bakteri, parasit, dan virus. Apalagi saat ini pandemi Covid-19 masih terjadi.

Diketahui asupan vitamin D yang harus dipenuhi sekitar 600-800 International Unit (IU) per hari. Informasi mengenai asupan vitamin D ini, masih kurang di masyarakat, sehingga kebutuhannya tidak terpenuhi dan meningkatkan risiko masalah kesehatan.

Dokter Adam Prabata General Practioner & PhD Candidate in Medical Science mengatakan, banyak orang yang tidak menyadari kalau dirinya mengalami defiensi vitamin D.

“Kekurangan atau defiensi vitamin D itu cukup banyak ditemukan. Tapi kebanyakan orang tidak sadar karena keluhannya itu sangat ringan. Bahkan, ada orang-orang yang tidak ada keluhan sama sekali,” kata dr Adam dalam konfrensi pers peluncuran Fortiboost D3 1000 IU yang diadakan oleh Combiphar, Kamis (13/01/2022).

Gejala defisiensi vitamin D yang paling sering terjadi adalah tubuh menjadi mudah terinfeksi virus (batuk dan pilek), kelelahan, dan sakit tulang atau nyeri otot.

Selain itu, kekurangan vitamin D menurut Adam juga mempengaruhi proses penyembuhan luka, sehingga lebih lama.

Baca Juga: Vitamin D Hilangkan Sakit Pasca Melahirkan, Dapatkan dari Suplemen dan Sinar Matahari

“Kekurangan vitamin D bisa mempengaruhi kesehatan tubuh secara keseluruhan, karena vitamin D berperan penting dalam proses dan sistem di dalam tubuh. Ketika vitamin D berkurang, aka nada kondisi-kondisi atau penyakit yang risikonya meningkat,” jelasnya.

Risiko penyakit yang mungkin akan terjadi jika seseorang mengalami kekurangan vitamin D, di antaranya autoimun, diabetes, kardiovaskular (penyakit jantung), ginjal, dan beberapa jenis kanker tertentu.

Oleh karena itu, penting untuk menemuhi kebutuhan vitamin D harian dengan melakukan beberapa hal berikut ini.