Find Us On Social Media :

Ukuran Pinggul Tak ada Hubungannya dengan Mudah Tidaknya Melahirkan Normal

Panggul Perempuan penentu mudahnya melahirkan normal.

GridHEALTH.id - Tahu kah, saat melahirkan yang berperan besar adalah ukuran dan bentuk rongga di tengah panggul, disebut pelvis inlet (pintu atas panggul/PAP). 

Jadi ingat, pinggul dan panggul adalah dua bagian yang berbeda namun saling berhubungan, yang memiliki peran penting dalam proses persalinan.

Perbedaan Panggul dan Pinggul

Pinggul adalah proyeksi dari panggul, dan merupakan bagian tulang paha yang lebih tinggi pada setiap sisi tubuh. Tulang pinggul disebut tulang panggul.Sedangkan panggul adalah bangunan tulang setengah lingkaran dengan beberapa tulang yang digabungkan bersama oleh jaringan pengikat sendi.

Tiga tulang yang membentuk panggul adalah ilium (yang terbesar di antara tulang-tulang pinggul), ischium (tulang yang menopang tubuh saat duduk), dan pubis (tulang pinggul yang terkecil, terletak di depan ischium).Tulang-tulang panggul bersama otot-ototnya tidak hanya berperan menunjang perkembangan rahim dan bayi di dalamnya, tetapi juga memberikan jalan yang akan dilewati bayi ketika akan keluar dari tubuh ibu.Tulang-tulang panggul dan tulang ekor membentuk empat sendi, yaitu kanan, kiri, sendi sakrokoksigeal, dan simfisis pubis.

Dari semua sendi ini, simfisis pubis dibentuk dengan mempertemukan tulang pubis kanan dan kiri.

Baca Juga: Jangan Lagi Punya Kebiasaan Menahan Kencing, ini 3 Bahayanya

Simfisis pubis menggabungkan tulang pubis kanan dan kiri, karena tergolong fleksibel.

Ia terdiri atas sekelompok fibrokartilago yang memungkinkan panggul untuk meregang selama proses persalinan, untuk menampung kepala bayi yang hendak keluar melalui saluran lahir.Nah, peregangan ini menjadi lebih mudah ketika hormon relaksin (hormon yang dibentuk oleh ovarium dan plasenta) dilepaskan ke dalam aliran darah selama persalinan.

Hormon ini melunakkan dan melonggarkan jaringan pengikat sendi yang menyatukan tulang-tulang panggul, sehingga memberi ruang tambahan untuk saluran kelahiran.

Penentu Mudahnya Melahirkan NormalPinggul yang lebar berkaitan dengan ilium yang lebih besar, yang dapat berkembang atau melebar ke samping dan menentukan lebar pinggul.

Kenyataannya, ukuran area ilium tidak ada hubungannya dengan kelahiran bayi.