Find Us On Social Media :

Pengobatan Rumahan untuk Mengatasi Payudara Keras dan Bengkak

Payudara keras dan bengkak selama menyusui bisa diatasi dengan pengobatan rumahan dengan minyak pijat.

GridHEALTH.id - Bagi kebanyakan wanita, menyusui terjadi tanpa masalah. Setelah lahir, ibu menggendong bayi di pangkuannya membawa si kecil lebih dekat ke dadanya dan menawarkan makanan terbaik dari alam untuk memelihara dan mengasuh si kecil.

Seperti halnya kita berbicara tentang kekuatan menyusui, manfaat dan cara alami yang luar biasa dalam memberdayakan ibu untuk memberi makan si kecil bahkan setelah lahir, kita jarang berbicara tentang tantangan yang harus dihadapi seorang ibu baru selama menyusui.

Salah satu masalah paling umum yang dihadapi ibu selama menyusui adalah pembengkakan payudara. Berikut adalah cara untuk menghindari pembengkakan payudara.Inilah saat payudara mereka menjadi berat, bengkak, penuh dan keras. Dalam kasus ekstrem, itu juga bisa menjadi menyakitkan.

Pembengkakan lebih sering terjadi pada hari-hari setelah kelahiran ketika ibu dan bayi mencoba untuk menetapkan jadwal makan atau bayi masih mencoba untuk menyusu dengan benar.

Alasan utama pembengkakan adalah kelebihan susu yang terperangkap di payudara. Ini terjadi ketika ASI yang diproduksi di payudara tidak terkuras sepenuhnya.

Mungkin ada dua alasan utama untuk yang satu ini jika bayi tidak dapat menyusu dengan benar, kedua, jika ada ketidaksesuaian antara permintaan dan penawaran (supply and demand), yang berarti ibu memproduksi lebih banyak ASI daripada yang dibutuhkan bayi.

Untuk mengurangi pembengkakan, ibu dapat membantu dirinya sendiri mengeluarkan kelebihan ASI dan salah satunya adalah memijat payudara dengan kombinasi minyak yang unik.

Salah satu pengobatan rumahan berikut adalah terapi pijat minyak yang dapat membantu meredakan pembengkakan payudara.

Baca Juga: Nyeri Pada Satu Sisi Payudara Bisa Berarti Mastalgia, Kenali Penyebabnya

Baca Juga: Healthy Move, 5 Variasi Push-up Membakar Kalori dan Membentuk Otot

Siapkan minyak pijat ini: minyak geranium satu tetes, minyak lavender satu tetes dan minyak mawar dua tetes.Campur minyak ini bersama-sama dan tuangkan dalam 3/4 liter air dingin atau ambil bejana bawah yang dalam dan isi sedikit lebih dari setengahnya dengan air dingin dan tambahkan ramuan minyak.

Selanjutnya, celupkan handuk tangan ke dalamnya. Peras dengan baik dan letakkan di payudara.