Find Us On Social Media :

Covid-19 Bisa Sebabkan Gangguan Pendengaran dan Vertigo, Studi

Gangguan pendengaran akibat Covid-19.

GridHEALTH.id – Menurunnya kemampuan penciuman dan indera perasa, menjadi salah satu gejala Covid-19 yang paling umum diketahui masyarakat.

Selain itu, Covid-19 juga membuat orang yang terpapar mengalami kesulitan untuk bernapas dan batuk-batuk.

Tak hanya menyerang indera perasa, pernapasan, dan penciuman, Covid-19 juga dapat mempengaruhi pendengaran orang yang terpapar.

Dalam penelitian yang dipublikasikan oleh Konstantina Stankovic, MD, PhD dan rekannya  di Communication Medicine, terungkap bahwa adanya gejala gangguan pendengaran pada pasien Covid-19.

Baca Juga: Pasien Omicron Bisa Dapat Obat dan Vitamin Gratis, Baru di Jabodetabek

Peneliti telinga bagian dalam dan ahli THT tersebut menemukan pasien Covid-19 yang datang ke kliniknya di Massachusetts mengeluhkan gangguan pendengaran, dikutip dari Standford Medicine, Selasa (25/01/2022).

Pasien tersebut diketahui mengalami telinga berdengung atau secara medis dikenal dengan nama tinnitus.

Selain telinga yang berdengung, pasien Covid-19 tersebut juga merasakan kepalanya yang pusing, yang umumnya dimulai di telinga bagian dalam.

Gangguan pendengaran yang dialami oleh pasien Covid-19 berkisar dari kondisi yang ringan hingga berat. Selain itu, mereka juga merasakan sensasi berputar tiba-tiba atau vertigo.

Baca Juga: Ternyata Karena Ini Pengembangan Vaksin Merah Putih Belum Juga Selesai

“Studi kami menunjukkan bukti bahwa virus SARS-CoV-2 yang menyebabkan Covid-19 dapat secara langsung mempengaruhi telinga bagian dalam,” kata Stankovic.

“Selama puncak pandemi, saat pasien mengalami komplikasi yang lebih mengancam jiwa, mereka tidak terlalu memperhatikan apakah pendengaran mereka berkurang atau apakah mengalami vertigo,” jelasnya.