Find Us On Social Media :

6 Manfaat Buah Kaktus Pir Berduri, Salah Satunya Turunkan Kolesterol

Manfaat makan buah kaktus pir berduri.

GridHEALTH.id – Bentuk kaktus yang unik, membuatnya sering dijadikan sebagai tanaman hias yang ditanaman di halaman rumah.

Ternyata selain berguna sebagai tanaman hias, buah yang dihasilkan kaktus juga mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan. Salah satunya yakni prickly pear cactus atau kaktus pir berduri.

Kaktus pir berduri merupakan tanaman yang umum tumbuh di Amerika Utara dan Selatan. Dinamakan prickly pear karena bentuk buahnya yang lonjong, mirip seperti buah pir.

Uniknya dari buah kaktus berwarna kuning atau kemerahan ini adalah tempat tumbuhnya, karena berada di puncak kaktus.

Prickly pear cactus mempunyai kandungan protein 1 gram, karbohidarat, 14 gram, serat, 5 gram, dan dapat memenuhi kebutuhan harian vitamin C sebesar 23% serta magnesium 30%.

Manfaat buah kaktus pir berduri

Dalam sejumlah penelitian, buah kaktus pir berduri disebut bermanfaat untuk mengatasi masalah kesehatan, menjaga daya tahan tubuh, hingga membantu menurunkan berat badan. Berikut ini daftar manfaat prickly pear cactus untuk kesehatan tubuh.

1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Studi yang dipublikasikan di The American Journal of Clinical Nutrition menyebutkan, makan buah kaktus pir dapat menghilangkan racun dalam tubuh dan memperkuat daya tahan tubuh. Ini karena di dalam buah ini terdapat antioksidan dari kandungan vitamin C dan E.

Baca Juga: Inilah Sederet Manfaat Santan untuk Kesehatan

2. Memperkuat gigi dan tulang

Kalsium yang ada dalam kaktus pir berduri, berperan memperkuat tulang dan gigi. Memenuhi kebutuhan kalsium setiap harinya, dapat menjauhkan diri dari masalah gigi serta gangguan tulang, seperti oseteoporosis, dilansir dari organicfacts.net, Senin (31/01/2022).