Find Us On Social Media :

Diabetes Tipe 1 Tidak Sama Dengan Tipe 2, Ketahui Cara Membedakannya

Diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2 mempunyai perbedaan dalam hal gejala dan risiko, dan pengobatan.

GridHEALTH.id - Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), diabetes adalah penyakit metabolik kronis yang ditandai dengan peningkatan kadar glukosa darah (atau gula darah), yang dari waktu ke waktu menyebabkan kerusakan serius pada jantung, pembuluh darah, mata, ginjal, dan saraf'.

Menurut WHO pada tahun 2019, ada sekitar 522 juta penyandang diabetes di seluruh dunia dan pada tahun 2016, itu adalah penyebab kematian ketujuh di seluruh dunia.

Penyakit ini ada dua jenis, diabetes tipe 1 dan tipe 2. Pada diabetes tipe 2, yang juga dikenal sebagai diabetes onset dewasa, tubuh menjadi resisten terhadap insulin atau tidak membuat cukup insulin.

Pankreas  menghasilkan insulin, tetapi tubuh  tidak dapat menggunakannya sebagaimana mestinya.

Seiring waktu, itu memengaruhi kemampuan pankreas  untuk memproduksi insulin. Kondisi ini biasanya didiagnosis pada orang dewasa.

Baca Juga: Wajib Tahu, Hipoglikemia Ternyata Sebabkan Gangguan Irama Jantung

Pada diabetes tipe 1, juga dikenal sebagai diabetes remaja, pankreas  menghasilkan sedikit atau tidak ada insulin dengan sendirinya.

Insulin adalah hormon yang mengatur kadar gula darah. Jika memiliki kondisi ini, sel-sel kekebalan  menyerang dan menghancurkan sel-sel penghasil insulin di pankreas.

Oleh karena itu, kita sepenuhnya bergantung pada suntikan insulin untuk kelangsungan hidup. Ini sebagian besar terlihat pada anak-anak, oleh karena itu disebut juga diabetes onset remaja.

Belum jelas apa yang menyebabkan diabetes tipe 1. Tetapi diabetes tipe 2 adalah hasil dari gaya hidup yang tidak sehat, obesitas dan gaya hidup yang tidak aktif. Gen juga berperan di sini.

Kita dapat membalikkan diabetes tipe 2 dengan modifikasi gaya hidup, tetapi hal yang sama tidak terjadi pada diabetes tipe 1.

Baca Juga: Perayaan Imlek, Ini Kalori yang Terkandung Dalam Satu Potong Kue Keranjang