Find Us On Social Media :

Gaya Hidup Sehat Penyintas Covid-19, 3 Hal yang Harus Diketahui

Lakukan olahraga rutin bagi penyintas Covid-19 bagian dari gaya hidup sehat.

GridHEALTH.id - Setelah sembuh dari Covid-19 dan perjalanan menuju kepemulihan semakin baik, para penyintas sering bertanya-tanya, apa yang harus dilakukan, terutama bila menyangkut gaya hidup sehat?

Dr. Joshua Septimus, profesor kedokteran klinis dan direktur medis dari Klinik Primer Houston Methodist Hospital mengatakan, ada tiga hal yang perlu dilakukan oleh penyintas;

1. Jangan keluar rumah sampai benar-benar pulih.

Seseorang dengan Covid-19 dianggap paling menular pada hari-hari menjelang timbulnya gejala (alias, periode presimptomatik) dan selama beberapa hari pertama gejalanya.Namun, dibutuhkan beberapa hari lagi bagi sistem kekebalan seseorang untuk benar-benar membersihkan virus dari tubuh.

Baca Juga: Mereka yang Jalani Isoman Perlu Mengonsumsi Produk Kesehatan Memadai

"Sebagian besar penelitian menunjukkan bahwa pada akhir 10 hari infeksi, tubuh telah membersihkan virus yang aktif," kata Dr. Septimus.

“Seseorang dengan Covid-19 kemungkinan tidak lagi menularkan setelah 10 hari berlalu sejak dinyatakan positif virus corona, dan 72 jam setelah gejala pernapasan dan demamnya sembuh,” jelas Dr. Septimus.Ketika harus tinggal di rumah cukup lama untuk memastikan tidak lagi menular, pastikan untuk mengikuti pedoman isolasi dari pemerintah.

Menyelesaikan isolasi, bahkan jika tidak menunjukkan gejala atau gejala membaik dan  merasa lebih baik, sangat penting untuk memastikan kita tidak menyebarkan Covid-19 ke orang lain.

2. Beberapa gejala mungkin berlangsung lebih lama dari yang kita kira

Baca Juga: Risiko Stroke Meningkat Bila Pengobatan Hipertensi Tidak Tepat, Studi

Covid-19 hadir dengan daftar gejala yang cukup panjang.  yang paling umum adalah demam, batuk kering, dan sesak napas.Tingkat keparahan dan durasi gejala ini bervariasi dari orang ke orang, tetapi beberapa gejala lebih mungkin bertahan hingga masa pemulihan Anda.“Beberapa gejala Covid-19 bertahan lebih lama dari yang lain,” kata Dr. Septimus. "Khususnya, kelelahan dan hilangnya rasa dan bau dapat bertahan di luar periode penularan."Meskipun tidak nyaman dan/atau tidak nyaman, Dr. Septimus menambahkan bahwa gejala yang menetap ini tidak terlalu mengkhawatirkan bagi kebanyakan orang.

3. Tetap harus vaksin atau booster, pakai masker dan menerapkan jarak sosial