Find Us On Social Media :

Healthy Move, Ayo Bergerak, Risiko Kematian Akibat Obesitas Terus Meningkat

Meski obesitas, luangkan waktu untuk terus bergerak dengan cara berolahraga.

GridHEALTH.id - Sebuah studi baru mengungkapkan bahwa orang yang menderita obesitas memiliki risiko kematian yang lebih besar akibat penyakit tidak menular, tetapi risiko penyakit ini berbeda untuk pria dan wanita.

Orang dengan obesitas tidak hanya memiliki penyakit jantung dan diabetes yang perlu dikhawatirkan, tetapi juga penyakit-penyakit lain.

Cecilia Lindgren dari University of Oxford dan rekan melaporkan temuan ini dalam sebuah studi baru yang diterbitkan di PLOS Genetics.

Karena tingkat obesitas terus tumbuh di seluruh dunia, para ilmuwan mulai menduga bahwa kelebihan berat badan dapat menyebabkan atau memperburuk penyebab kematian lainnya selain penyakit jantung dan diabetes tipe 2.

Untuk mengidentifikasi penyebab kematian tambahan yang diperburuk oleh obesitas, para peneliti melakukan analisis yang mengeksplorasi hubungan sebab-akibat menggunakan data genetik dan tiga ukuran obesitas dari 228.466 wanita dan 195.041 pria di Biobank Inggris.

Baca Juga: Indeks Massa Tubuh yang Tinggi Lebih Berisiko Munculkan Diabetes

Analisis mereka menunjukkan bahwa obesitas berkontribusi pada daftar masalah kesehatan termasuk penyakit arteri koroner, diabetes tipe 1 dan 2, stroke, penyakit paru obstruktif kronik, kanker paru-paru, penyakit hati berlemak non-alkohol, penyakit hati kronis, dan gagal ginjal.

Sementara obesitas menyebabkan diabetes tipe 2 pada wanita dan pria, wanita mengalami risiko diabetes tipe 2 yang lebih tinggi dibandingkan pria, sementara pria menghadapi risiko penyakit paru obstruktif kronik dan penyakit ginjal kronis yang lebih besar.

Penulis pertama, Jenny Censin, mengatakan: "Studi ini menunjukkan betapa berbahayanya membawa kelebihan berat badan bagi kesehatan manusia, dan akibatnya wanita dan pria mungkin mengalami penyakit yang berbeda."

Michael Holmes, yang mengawasi pekerjaan bersama dengan Cecilia Lindgren, mengatakan: "Mengingat bukti kuat dari bahaya yang muncul sebagai konsekuensi dari obesitas di berbagai penyakit yang mengakibatkan kematian, temuan kami menyoroti kebutuhan kritis untuk tindakan kesehatan masyarakat untuk membendung gelombang obesitas."

Secara keseluruhan, penelitian ini menemukan bahwa obesitas menyebabkan atau berkontribusi pada mayoritas penyebab utama kematian di seluruh dunia yang tidak terkait dengan penyakit menular.

Baca Juga: 5 Alasan Wanita Wajib Menggunakan Minyak Lavender, Mencerahkan Kulit