Find Us On Social Media :

Kasus Harian Covid-19 Tembus 17 Ribu, Kemenkes Siapkan 20 Juta Dosis Obat

Dosis obat Covid-19 yang disediakan oleh Kementerian Kesehatan.

GridHEALTH.id – Indonesia memasuki gelombang ketiga pandemi virus Corona. Selama beberapa hari terakhir, terjadi lonjakan kasus Covid-19.

Terkait kondisi ini, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan, stok obat antivirus untuk keperluan penanganan kasus Covid-19 di Tanah Air.

Terdapat dua jenis obat antivirus, di antaranya Avigan atau Favipiravir dan Molnupiravir. Budi Gunadi menjelaskan, bahwa pihaknya sudah menyiapkan sekitar 20 juta dosis obat Covid-19 tersebut.

“Lima organisasi profesi sudah menyarankan antivirus yang diendorse oleh organisasi profesi, para ahli kedokteran adalah Avigan atau Favipiravir dan Molnupiravir,” kata Budi Gunadi Sadikin dalam konferensi pers virtual terkait Evaluasi PPKM, Senin (31/01/2022).

 Baca Juga: Vaksinasi Covid-19 Booster Aman Untuk Individu Dengan Kondisi Medis Tertentu

Dua jenis obat antivirus tersebut, tidak bisa dibeli sembarangan dan hanya bisa didapatkan jika memang sudah memiliki resep dari dokter.

“Tapi ini harus dengan resep. Kalau antivirus harus dengan resep. Jadi, tidak bisa beli sendiri dan sebaiknya jangan,” ujarnya.

Penggunaan resep diperlukan untuk mendapatkan antivirus, dimaksudkan untuk mencegah terjadinya kasus penimbunan obat Covid-19 dan menyebabkan kerugian di tengah masyarakat.

“Kalau bapak ibu beli sendiri untuk ditimbun di rumah, kasihan orang lain tidak dapat. Biarkan nanti kalau ada konsultasi dengan dokter atau telemedicine, kalau memang dibutuhkan obat-obatnya, kita sudah sudah siapkan lebih dari 20 juta dosis,” jelasnya.

 Baca Juga: 6 Provinsi Jadi Penyumbang Terbanyak Kasus Aktif Covid-19 di Indonesia

Budi Gunadi juga menekankan kepada masyarakat, bahwa tidak perlu khawatir mengenai jumlah obat antivirus yang tersedia.

Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh BPNB, kasus positif harian Covid-19 per 2 Februari 2022, bertambah sebanyak 17.895 pasien.