Find Us On Social Media :

Infeksi Saluran Kemih Rentan Dialami Wanita, Lakukan Ini untuk Mencegahnya

Penyebab infeksi saluran kemih hingga cara mencegahnya.

GridHEALTH.id – Saluran kemih merupakan salah satu bagian tubuh yang mempunyai peran untuk memproduksi urin atau air kencing.

Perlu diketahui, saluran kemih terdiri dari dua ginjal, ureter, kandung kemih, dan uretra, dilansir dari Kidney.org, Jumat (04/02/2022).

Saat bakteri masuk ke saluran kemih dan tumbuh dengan tidak normal, ini disebut dengan penyakit infeksi saluran kemih atau dikenal dengan ISK.

Siapapun bisa mengalami ISK. Tapi ada beberapa faktor tertentu yang membuat seseorang berisiko terkena infeksi saluran kemih ini.

1. Berjenis kelamin wanita. Ternyata, ISK paling sering diderita oleh wanita dibandingkan pria, karena uretra yang lebih pendek.

Kondisi itu, membuat bakteri jadi lebih mudah untuk mencapi kandung kemih dan menyebabkan infeksi.

2. Penyandang diabetes. Penyakit infeksi saluran kemih umum dialami penyandang diabetes, karena mereka mempunyai sistem imun yang lemah, membuat infeksi lebih mudah terjadi.

3. Orang dengan penyumbatan saluran kemih. Misalnya penderita batu ginjal atau kelenjar prostat yang membesar, akibatnya aliran urin terhalangi dan menyebabkan ISK.

Apa saja gejala penyakit saluran kemih?

 Baca Juga: Pengobatan Infeksi Saluran Kemih Pada Bayi dan Anak Harus Oleh Dokter

Beberapa penderita penyakit saluran kemih mungkin tidak merasakan gejala apapun. Tapi, ini adalah beberapa tanda umum yang perlu diwaspadai.

* Kebutuhan untuk buang air kecil yang lebih sering, tapi urin yang dikeluarkan hanya sedikit atau beberapa tetes saja.