Find Us On Social Media :

Perdarahan Kanker Serviks Berbeda Dengan Haid, Berikut Penjelasan Doter Konsultan Onkologi Ginekologi

Gejala kanker serviks perlu diwaspadai sejak dini.

GridHEALTH.id - Perdarahan di vagina rupanya jadi salah satu gejala yang paling banyak dialami pasien kanker serviks.

Bahkan sekitar 70 % pasien kanker serviks mengalami gejala tersebut.

Demikian yang disampaikan dokter spesialis kebidanan & kandungan konsultan onkologi ginekologi dari Universitas Indonesia, Dr. dr. Bambang Dwipoyono, BD.Sp.OG, MS, MARS, dalam acara virtual, Jumat(4/2/2021).

"Gejalanya terbanyak adalah perdarahan, ini yang menyebabkan perempuan datang berobat ke rumah sakit," ujar dokter yang berpraktik di RS Pondok Indah - Bintaro Jaya tersebut.

Namun Bambang mengingatkan bahwa pendarahan kanker serviks berbeda dengan pendarahan saat haid atau menstruasi.

Dimana jika perdarahan yang berasal dari haid memiliki pola waktu teratur setiap bulannya dan berulang.

Sementara jika perdarahan di luar masa haid itu yang harus perempuan waspadai.

Sebab itu bisa jadi gejala dari kanker serviks atau gejala lainnya. 

"Jika perdarahannya itu di luar haid, apakah karena sentuh akibat hubungan seksual atau sendiri, kita mesti lihat. Tidak semata-mata melihat bagaimana haid atau perdarahan tadi," kata Bambang.

Baca Juga: Selebgram Laura Anna Meninggal, Alami Fraktur dan Dislokasi Tulang Belakang Serviks Akibat Kecelakaan, Bisa Menyebabkan Kesulitan Bernapas

Para wanita disarankan memperhatikan pola menstruasinya atau dengan mencatat waktunya sehingga bila ada perubahan dalam pola, dia bisa segera berkonsultasi ke dokter atau tenaga kesehatan untuk mendapatkan pemeriksaan.

"Jadi sangat dianjurkan perempuan yang sudah haid memiliki catatan, kalau ada perubahan dalam pola haidnya, dia bisa ke dokter atau tenaga kesehatan untuk diperiksa apakah pendarahan yang disebabkan hal lain," tutur Bambang.