Find Us On Social Media :

Bukan Pertama Kali, Dunia Mencatat Kelompok Penolak Vaksin Sudah Ada Sejak Berabad Lampau, Ini Sejarahnya

Vaksin Covid-19 siap disuntikkan. Kelompok penentang vaksin sudah ada sejak dulu.

GridHEALTH.id - Dalam beberapa tahun terakhir, topik vaksinasi telah dibahas oleh ratusan ilmuwan di banyak platform.Namun, kewaspadaan dan permusuhan langsung terhadap vaksin tidak dimulai dengan Covid-19 tetapi berasal dari abad ke-18 ketika suntikan pertama diberikan.Dari ketakutan nyata yang dipicu oleh efek samping hingga studi palsu dan teori konspirasi, kami melihat sentimen anti-vax selama berabad-abad:

1. 1796: Cacar, suntikan pertama, ketakutan pertamaCacar membunuh atau merusak jutaan orang selama berabad-abad sebelum diberantas pada tahun 1980 melalui vaksinasi.

Baca Juga: Lansia Perlu Prioritas Mendapatkan Vaksin Booster, Ini Alasannya

Baca Juga: Healthy Move, 3 Gerakan Yoga Terbaik Untuk Atasi Kram Menstruasi

Pada tahun 1796, dokter Inggris Edward Jenner datang dengan ide untuk menggunakan virus cacar sapi yang lebih ringan pada seorang anak untuk merangsang respon kekebalan setelah ia melihat pemerah susu jarang terkena cacar.Proses tersebut, yang diciptakan "vaccinus" oleh Jenner (dari "sapi" dalam bahasa Latin) – berhasil, tetapi sejak awal, hal itu memicu skeptisisme dan ketakutan.Satu kartun pada tahun 1802 menunjukkan orang yang divaksinasi berubah menjadi monster yang setengah manusia, setengah sapi.Sebelum Jenner, metode inokulasi berisiko yang dikenal sebagai "variolasi" ada untuk cacar, diperkenalkan ke Eropa dari Turki Utsmaniyah oleh penulis Inggris Lady Mary Wortley Montagu.Keropeng cacar kering atau cairan dari pustula disuntikkan atau digosokkan ke luka di kulit. Infeksi yang dihasilkan biasanya ringan tetapi memberikan kekebalan pada orang tersebut.

Baca Juga: Hanya dengan Sedikit Perubahan Gaya Hidup, Penyandang Diabetes Bisa Panjang Umur

Baca Juga: Viral Wanita Protes Jasa Tes PCR, Belum Lakukan Tes Hasil Sudah Keluar

2. 1853: Suntikan cacar menjadi wajib, pertama di InggrisInggris menjadi negara pertama yang mewajibkan vaksin cacar untuk anak-anak pada tahun 1853, mengikuti contoh Bavaria (sekarang Jerman) dan Denmark, yang memperkenalkan vaksin wajib lebih dari tiga dekade sebelumnya. Sama seperti hari ini, itu memicu resistensi yang kuat. Para penentang keberatan dengan alasan agama, menyuarakan keprihatinan atas bahaya menyuntikkan produk hewani dan mengklaim kebebasan individu dilanggar.

Di tahun ini pula diperkenalkan frasa 'pakailah hati nuranimu' yang memungkinkan kaum skeptis yang menghindari vaksinasi, berkurang pengaruhnya.

3. 1885: Pasteur dan rabies

Baca Juga: Dampak Kadar Asam Urat Perlu Diwaspadai, Bisa Sebabkan Komplikasi

Baca Juga: Bagaimana Diabetes Dapat Melukai Kaki dan Cara Menghindari Amputasi