Find Us On Social Media :

Komorbid Divaksin Covid-19 Aman? Warganet Sodorkan Bukti Reaksi Merugikan Kepada Prof Zubairi Djoerban

Komorbid aman mendapatkan vaksin Covid-19? Kenapa banyak yang ragu, apakah karena hal ini?

GridHEALTH.id - Beberapa hari lalu tepatnya, Minggu (6/2/2022), Prof Zubairi Djoerban di akun Twitter pribadinya menjawab pertanyaan warganet Indonesia prihal keamanan vaksin Covid-19 bagi komorbid.

Menurut Prof. Zubairi Djoerban yang menjabat Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Ikatan Dokter Indonesia (IDI), "Aman banget. Jutaan orang dengan komorbid, baik itu diabetes, kanker, HIV/AIDS, termasuk Lupus, dianjurkan untuk vaksin. Kenapa? Karena komorbid yang terinfeksi Covid-19, efeknya akan lebih serius. Bukti-bukti di lapangan pun menunjukkan komorbid yang divaksin itu aman," cuit Prof. Zubairi Djoerban (6/2/2022).

Jawaban itu atas pertanyaan berikut ini yang dicapture oleh Prof. Zubairi Djoerban:

Keamanan vaksin Covid-19 terhadap komorbid sudah dinyatakan oleh pemerintah pusat.

Hal itu tertuang dalam Surat edaran nomor HK.02.02/I/368/2021 tentang Pelaksanaan Vaksinasi COVID-19 pada Kelompok Sasaran Lansia, Komorbid dan Penyintas COVID-19, serta Sasaran Tunda itu telah ditandatangani pada Kamis (11/2) oleh Plt. Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Kemenkes Dr.dr. Maxi Rein Rondonuwu, DHSM, MARS.“Komite Penasihat Ahli Imunisasi Nasional telah menyampaikan kajian bahwa vaksinasi COVID-19 dapat diberikan pada kelompok usia 60 tahun keatas, komorbid, penyintas COVID-19 dan Ibu menyusui dengan terlebih dahulu dilakukan anamnesa tambahan,” kata dr. Maxi, dilansir dari SehatNegeriku (12/2/2021).Pelaksanaan pemberian vaksinasi harus tetap mengikuti petunjuk teknis pelaksanaan vaksinasi COVID-19, antara lain bagi kelompok Lansia, pemberian vaksinasi pada kelompok usia 60 tahun ke atas diberikan 2 dosis dengan interval pemberian 28 hari (0 dan 28).Sementara untuk kelompok Komorbid, dalam hal ini Hipertensi, dapat divaksinasi kecuali jika tekanan darahnya di atas 180/110 MmHg, dan pengukuran tekanan darah sebaiknya dilakukan sebelum meja skrining. Bagi kelompok komorbid dengan diabetes dapat divaksinasi sepanjang belum ada komplikasi akut.Bagi kelompok komorbid penyintas kanker dapat tetap diberikan vaksin.

Baca Juga: Tenggorokan Sakit Gegara Covid-19 Konsumsi 5 Bahan Alami Ini, Bantu Redakan Gejala

Selain itu penyintas COVID-19 dapat divaksinasi jika sudah lebih dari 3 bulan. Begitupun ibu menyusui dapat juga diberikan vaksinasi.Seluruh Pos Pelayanan Vaksinasi harus dilengkapi kit anafilaksis dan berada di bawah tanggungjawab Puskemas atau rumah sakit.

Dilain pihak, Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) telah mengeluarkan daftar pasien komorbid yang layak menerima vaksin COVID-19, dilansir dari laman Siloam Hospital (3/5/2021), yaitu:

1. Riwayat alergi obat2. Riwayat alergi makanan3. Reaksi anafilaksis bukan akibat vaksin COVID-194. Asma bronkial (jika kondisi asma akut, disarankan tunda vaksin)5. Rhinitis alergi6. Urtikaria

Baca Juga: Fakta Obat yang Kita Tahu Ampuh untuk Covid-19 Nyatanya Berbahaya, Hal Ini Diingatkan Prof Zubairi Djoerban

7. Penyakit Paru Obstruktif Kronik (jika kondisi PPOK eksaserbasi akut, disarankan tunda vaksin)8. Dermatitis atopi9. Kanker paru10. Tuberkulosis (TBC)11. Penyakit hati12. Interstitial Lung Disease (jika kondisi ILD akut, disarankan tunda vaksin)13. HIV14. Diabetes melitus (DM)15. Nodul tiroid (jika terdapat keganasan tiroid, disarankan tunda vaksin)